... tidak main-main dalam pekerjaan renovasi GBK karena itu adalah kepercayaan bagi kami. Itu uang pajak yang kami pakai...
Jakarta (ANTARA News) - Wakil Presiden, Jusuf Kalla, memperingkatkan masyarakat Indonesia untuk turut menjaga fasilitas dan sarana umum di Kawasan Gelora Bung Karno (GBK) Senayan, Jakarta, menyusul kerusakan di sejumlah bagian Stadion Utama GBK pada laga final Piala Presiden 2018.

"Kita akan menghadapi penyelenggaraan pertandingan yang lebih besar. Mari bersama menjaga fasilitas yang telah dibangun. Taman itu butuh waktu untuk tumbuh kembali dan kita butuh untuk keindahan," kata Kalla, selepas rapat koordinasi di Kantor Panitia Penyelenggara Asian Games 2018 (INASGOC) di Jakarta, Senin.

Perilaku buruk merusak fasilitas umum yang dibangun atas uang pajak oleh massa penonton sepakbola atau hadirin suatu keramaian sudah sangat sering terjadi dan pelaku-pelakunya selama ini tidak dipidana. 

Pun pengurus klub sepakbola atau manajemen paguyuban penggemar kesebelasan yang terlibat dalam perusakan itu tidak dituntut pertanggung jawabannya.

Kali ini, perusakan Gelora Bung Karno mendapat sorotan luas masyarakat

Kerusakan Stadion Utama Gelora Bung Karno, Sabtu malam (17/2), yaitu pagar pembatas antara penonton dan lapangan. Pagar itu hancur setelah massa oknum The Jakmania memaksa masuk untuk merayakan kemenangan timnya atas Bali United 3-0.

Kalla mengharapkan tidak ada lagi perusakan fasilitas dan sarana olahraga di Indonesia menyusul penyelenggaraan Asian Games 2018 pada 18 Agustus nanti.

Sementara, Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat, Basuki Hadimuljono, menyayangkan kerusakan sejumlah fasilitas di Stadion Utama Gelora Bung Karno dan taman-tamannya.

"Kami tidak main-main dalam pekerjaan renovasi GBK karena itu adalah kepercayaan bagi kami. Itu uang pajak yang kami pakai. Semula, INASGOC tidak percaya kami dapat menyelesaikan," kata dia.

Dia akan mengantisipasi kejadian perusakan fasilitas di sejumlah arena pertandingan yang akan dipakai dalam Asian Games 2018 menyusul agenda pertandingan final Piala AFC 2018 di Stadion Utama GBK.

"Kami akan bekerjasama dengan Pengelola Kawasan GBK dan polisi. Kami akan melihat apakah perbaikan fasilitas akan dilakukan sebelum pertandingan AFC atau sesudahnya," ujar dia.

Pewarta: Imam Santoso
Editor: Ade P Marboen
Copyright © ANTARA 2018