Jakarta (ANTARA News) - Sekretaris Fraksi PDI Perjuangan Bambang Wuryanto mengatakan tidak menutup kemungkinan Utut Adianto tetap menjabat Ketua FPDI Perjuangan meskipun telah dilantik sebagai wakil  ketua DPR RI.

"Tetap ketua fraksi bisa juga. Alasannya apa? Karena ini cuma satu gedung harus ada nyambungnya keputusan pimpinan DPR dan ketua fraksi," kata Bambang usai rapat Fraksi PDIP menjelang Rapat Paripurna DPR di Jakarta, Selasa.

Dia menjelaskan selain berada di satu tempat, jabatan ganda itu mempermudah FPDIP menyalurkan informasi kepada pimpinan DPR atau sebaliknya sehingga lebih efektif dari pada dipegang oleh anggota yang berbeda.

Menurut dia, meskipun terbuka kemungkinan Utut tetap menjabat Ketua FPDIP, posisi ketua Fraksi PDIP akan ditentukan oleh Dewan Pimpinan Pusat PDI Perjuangan.

Baca juga: Bidang tugas Utut Adianto masih belum ditentukan

"Ketua Fraksi PDI Perjuangan itu harus anggota DPP PDI Perjuangan. Bambang Wuryanto bukan salah satu Ketua DPP PDI Perjuangan namun Ketua DPD PDI Perjuangan Jawa Tengah," kata Bambang.

Oleh karena itu dia menilai kalau Utut diganti maka calonnya adalah 16 anggota FPDIP yang menjadi ketua DPP PDIP.

Menurut dia, DPP pasti memiliki pertimbangan dalam menentukan siapa ketua FPDIP namun dia tetap berharap Utut tetap ketua Fraksi PDI Perjuangan.

Baca juga: Utut Adianto resmi menjadi wakil ketua DPR
 

Pewarta: Imam Budilaksono
Editor: Jafar M Sidik
Copyright © ANTARA 2018