Bandung (ANTARA News) - Objek wisata Gunung Papandayan Kabupaten Garut, Jabar ramai dikunjungi wisatawan dari berbagai daerah untuk menikmati keindahan alam kawah aktif, kolam air panas, dan berkemah di hutan Pondok Saladah pada libur panjang akhir pekan bersamaan dengan libur Paskah. 

"Libur sekarang ramai ada peningkatan kunjungan ke Taman Wisata Alam Gunung Papandayan," kata Direktur PT Alam Indah Lestari (AIL) Tri Persada sebagai pengelola wisata Gunung Papandayan Kabupaten Garut di Bandung, Sabtu.

Ia menuturkan peningkatan pengunjung sudah terjadi sejak Jumat (30/3) atau saat libur Jumat Agung, bahkan diperkirakan kunjungan wisatawan akan terus terjadi hingga Minggu (1/4).

Menurut dia, tingkat kunjungan objek wisata Gunung Papandayan tersebut belum maksimal karena adanya hambatan kemacetan di jalur Bandung-Garut.

"Meski sudah ada peningkatan tapi belum signifikan, kemungkinan akibat terjebak kemacetan dari mulai Rancaekek Bandung sampai Kadungora (Kabupaten Garut)," katanya.

Ia menyampaikan PT AIL terus melakukan perbaikan sarana dan prasarana untuk memberikan kenyamanan dan keamanan bagi pengunjung selama berwisata di Gunung Papandayan.

Salah satunya, lanjut dia, menyediakan fasilitas untuk menginap berupa cottage untuk rombongan  dan keluarga dengan pemandangan langsung Gunung Papandayan.

"Kami menyediakan cottage dengan kapasitas 20 orang untuk rombongan, namun tersedia juga cottage untuk paket keluarga," katanya.

Fasiltas lainnya untuk memanjakan wisatawan, kata Tri, yakni menara pandang, kolam renang air hangat alami, bumi perkemahan, dan pemandangan kawah aktif.

Khusus komunitas pecinta alam, kata dia, dapat berkemah di Pondok Saladah dengan melewati jalur yang aman dan nyaman selama melakukan perjalanan.

"Kami siapkan pos dan toilet untuk wisatawan yang melakukan pendakian," katanya.

Baca juga: Tol Jakarta-Cikampek padat sambut libur panjang Paskah

Baca juga: Minat berwisata ke Gunung Papandayan terus meningkat

Pewarta: Feri Purnama
Editor: Fitri Supratiwi
Copyright © ANTARA 2018