Jakarta (ANTARA News) - Yayasan Autisma Indonesia (YAI) dengan dukungan Pemerintah Provinsi DKI Jakarta menggelar kampanye "Light It Up Blue" dengan menyinari Monumen Nasional menggunakan lampu berwarna biru untuk memperingati Hari Peduli Autisme Sedunia pada 2 April.

YAI dalam siaran persnya pada Senin menyatakan Monumen Nasional akan disinari dengan lampu biru mulai Minggu (1/4) hingga Senin (30/4).

Selama kampanye itu, cahaya lampu biru juga akan menyinari beberapa monumen dan tengara kota Jakarta lainnya antara lain seperti Patung Selamat Datang di Bundaran Hotel Indonesia dan Simpang Susun Semanggi untuk menyampaikan pesan, harapan dan penyertaan kepada individu mengenai autisme.

Masyarakat global telah menjadikan 2 April sebagai hari untuk menyuarakan kepedulian bagi individu dengan autisme. Salah satu kampanye yang menarik perhatian dunia adalah "Light It Up Blue" yang digagas organisasi "Autism Speak".

Melalui kampanye tersebut, ribuan monumen, tugu, gedung perkantoran dan rumah-rumah di seluruh dunia menyalakan cahaya biru pada malam 2 April sebagai ekspresi penerimaan masyarakat terhadap individu dengan autisme.

Aksi tersebut juga merupakan tanda simpati serta penghargaan kepada keluarga yang telah mendampingi individu dengan autisme untuk mampu mandiri dan berkarya.

Warna biru menjadi simbol masyarakat menerima dengan tangan terbuka semua individu dengan autisme, serta siap berinteraksi dengan mereka tanpa diskriminasi.
 

Pewarta: Dewanto Samodro
Editor: Maryati
Copyright © ANTARA 2018