kita tidak boleh meninggalkan identitas daerah. Apalagi, Jawa Barat merupakan wilayah kaya budaya mulai dari Cirebon, Sunda Galuh, Sunda Betawi dan kebudayaan lain
Purwakarta, Jawa Barat (ANTARA News) - Calon Wakil Gubernur Jawa Barat Dedi Mulyadi memastikan para seniman di Jawa Barat akan mendapatkan tempat khusus berupa ruang untuk berkesenian dan membangun kehidupan ideologis.

"Berkesenian itu berideologi, menumbuhkan rasa cinta tanah air untuk masyarakat. Karya para seniman berorientasi kepada hal itu sehingga karyanya memiliki identitas yang kuat," kata Dedi saat dikunjungi seniman Jawa Barat, Nining Meida, di rumahnya, Senin.

Ia menyatakan, berkesenian bukan melulu soal mencari panggung karena orientasi yang lebih penting terletak pada upaya seniman merawat bangunan ideologi bangsa.

Dedi menyontohkan, masyarakat nusantara terutama Jawa dan Bali kental dalam upaya merawat identitas daerah. Seni menjadi katalisator mereka dalam mewujudkan kecintaan kepada tanah air.

"Makanya, tidak boleh malu menjadi orang Sunda. Sebagai seniman kita harus berkarya melalui penguatan identitas daerah. Kita lihat para seniman di Yogyakarta, mereka berkarya tanpa khawatir kehilangan panggung," kata Dedi.

Ruang berkarya itulah yang akan diciptakan Dedi jika terpilih sebagai Wakil Gubernur Jawa Barat. Ekspresi dinilai sebagai fitrah kehidupan manusia yang tidak bisa diingkari.

"Karena itu, kita tidak boleh meninggalkan identitas daerah. Apalagi, Jawa Barat merupakan wilayah kaya budaya mulai dari Cirebon, Sunda Galuh, Sunda Betawi dan kebudayaan lain," kata dia.

Nining Meida yang merupakan penyanyi pop Sunda mengaku mengunjungi Dedi mewakili seniman Jawa Barat. Dia diminta menanyakan secara langsung program Dedi.

"Hadir ke sini untuk bertanya langsung mewakili seniman, kira-kira program kang Dedi apa saja. Tadi sudah terjawab. Alhamdulillah, selaras dengan keinginan para seniman Jawa Barat," katanya.

Baca juga: Janji Ridwan Kamil majukan pesantren

Pewarta: M. Ali Khumaini
Editor: Jafar M Sidik
Copyright © ANTARA 2018