Jakarta (ANTARA News) - Ketua Umum DPP PAN Zulkifli Hasan mengatakan partainya belum memutuskan mendukung Prabowo Subianto dalam Pemilu Presiden (Pilpres) 2019 meskipun dirinya dan petinggi PKS menghadiri Rapat Koordinasi Nasional Partai Gerindra pada Rabu (11/4).

"Saat ditanya apakah PAN akan mendukung Prabowo, kami belum belum ambil keputusan," kata Zulkifli di Kompleks Parlemen, Jakarta, Rabu.

Dia mengatakan arah koalisi dan dukungan PAN dalam Pilpres 2019 belum bisa ditentukan sehingga kemungkinan awal Mei 2018 baru terlihat arahnya yaitu usai PAN menggelar Rapat Kerja Nasional (Rakernas).

Zulkifli mengatakan PAN menggagas koalisi nasional yaitu koalisi yang rasional, berkualitas, mempersatukan, dan menjalin kembali merah putih, karena kita tidak ingin bangsa Indonesia terpecah-pecah.

"Pilpres dimaknai sebagai kontestasi untuk berbuat yang terbaik bagi Indonesia, bagi persatuan dengan harapan rakyat sejahtera, dapat pemimpin yang amanah, dan program kerja yang bagus," ujarnya.

Zulkifli yang juga Ketua MPR RI itu mengakui bahwa dirinya sudah bertemu dengan petinggi parpol lain seperti Ketua Umum DPP PKB Muhaimin Iskandar dan Partai Gerindra yaitu dirinya secara khusus datang dalam pembukaan Rakornas 2018.

Dia mengatakan kedatangannya dalam Rakornas Gerindra itu karena etikanya ketika ada pihak mengundang hadir maka dirinya wajib hadir dan akan membicarakan prospek Indonesia kedepan.

"Kalau PAN diundang maka kami akan datang dan bicara. Kalau PDI Perjuangan mengundang maka kita harus bicara. Lalu kalau Golkar mengundang maka kita bicara dan apabila PKB mengundang dan kita bicara," katanya.

Sebelumnya, Ketua Umum Partai Amanat Nasional (PAN) Zulkifli Hasan dan Ketua Umum PKS, Sohibul Iman menghadiri acara Rakornas Partai Gerindra di kediaman Ketua Umum Partai Gerindra, Prabowo Subianto di kawasan Hambalang, Kabupaten Bogor, Rabu.

Baca juga: Kader serukan dukungan untuk Prabowo saat HUT Gerindra

Pewarta: Imam Budilaksono
Editor: Suryanto
Copyright © ANTARA 2018