Tangerang, 17/4 (ANTARA News) - Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia Direktorat Jenderal Pemasyarakatan akan membangun 10 gedung Lembaga Pembinaan Khusus Anak (LPKA).

Pelaksana Tugas Direktur Jenderal Pemasyarakatan, Mardjoeki di Tangerang Selasa, mengatakan pembangunan gedung LPKA akan dilaksanakan tahun ini di beberapa daerah.

Di antaranya Medan, Pekanbaru, Yogyakarta, Palangkaraya, Samarinda, Martapura, Palu, Ambon, Manokwari dan Mamuju.

Dijelaskannya, pembangunan gedung LPKA di beberapa daerah tersebut karena selama ini para tahanan bergabung dengan Lapas Dewasa.

Sehingga diperlukan upaya yakni membangun gedung baru dengan konsep ramah anak. Sehingga program di LPKA berjalan dengan lancar.

"Selama ini bergabung dengan lapas dewasa maka itu kita lakukan pembangunan gedung LPKA yang ramah anak di beberapa wilayah tersebut," paparnya saat acara Family and Society di LPKA Tangerang.

Selain itu, pada tahun 2019 pun akan kembali dilaksanakan pembangunan gedung LPKA di empat daerah yakni Papua, Bengkulu, Jakarta dan Kendari.

Dengan begitu maka seluruh Provinsi di Indonesia telah memiliki gedung LPKA yang ramah anak dan program pembinaan edukasi kepada para tahanan bisa berjalan dengan efektif.

"Untuk pembangunan 2019 sudah direncanakan karena terkendala dengan lahan namun semuanya sudah selesai sehingga seluruh daerah memiliki gedung LPKA," ujarnya.

Mardjoeki juga menambahkan jika keterlibatan keluarga dan peran serta masyarakat sangat diperlukan dalam pendidikan dan pembinaan anak.

Oleh karena itu, Kementrian Hukum dan Hak Asasi Manusia melaksanakan Family and Society di seluruh LPKA di Indonesia.

Pewarta: Achmad Irfan
Editor: Kunto Wibisono
Copyright © ANTARA 2018