Lamongan (ANTARA News) - Mantan Ketua Umum Pengurus Pusat (PP) Gerakan Pemuda (GP) Ansor, Saifullah Yusuf atau yang akrab dipanggil Gus Ipul meminta agar kader Barisan Ansor Serbaguna (Banser) di wilayah setempat untuk mengawal kepentingan ulama.

"Itulah Banser, maju untuk kepentingan ulama dan bangsa. Sehingga cocok dengan semboyan Banser, yakni `Banser ada dari ulama untuk bangsa," kata Gus Ipul, saat menghadiri Kursus Banser Lanjutan (Susbalan) Satkorcab di Lamongan, Jatim, Jumat.

Gus Ipul yang juga calon Gubernur Jawa Timur nomor urut dua itu berpesan dua hal kepada seluruh banser di seluruh Jawa Timur, yakni terus mengawal kepentingan ulama yang merupakan kepanjangan dari perintah agama serta kepentingan bangsa.

Kemudian, kedua terus mengawal intruksi kiai yang bisa diwujudkan dengan menolong sesama, dan tidak hanya bagi anggota Ansor namun juga menolong seluruh umat.

"Misalnya, apabila ada warga yang butuh modal kerja, Ansor bisa membantu melalui program perbankan dan ikhtiar lainnya. Kemudian, ada warga yang rumahnya ambruk, Ansor bisa membantu untuk membantu membangun dengan berkoordinasi bersama perangkat pemerintah yang ada," kata dia.

Ia berharap, upaya ini bisa menolong lingkungan yang ada di sekitar, dan jangan sampai tetangga kelaparan namun dengar dari orang lain.

"Kalau semua bisa bersaudara, membantu sesama, maka akan sekaligus makmur sama-sama," kata dia.

Pewarta: Abdul Malik Ibrahim
Editor: Ruslan Burhani
Copyright © ANTARA 2018