Batam (ANTARA News) - Uji kepatutan dan kelayakan seleksi calon anggota Komisi Pemilihan Umum Provinsi Kepulauan Riau periode 2018-2023 akan digelar pertengahan Mei 2018.

Ketua Tim Seleksi Calon Anggota KPU Kepri 2018-2023, Riama Manurung di Batam, Sabtu, mengatakan tahapan seleksi berikutnya yaitu uji kepatutan dan kelayakan yang dilakukan langsung oleh komisioner KPU RI.

"`Fit and proper test` dilakukan langsung oleh KPU RI, pertengahan Mei ini," kata Riama melalui sambungan telepon.

Dari 10 orang yang lolos dalam penyaringan wawancara dan kesehatan oleh Tim Seleksi, KPU RI akan memilih lima orang untuk ditetapkan sebagai calon komisioner terpilih.

Riama mengatakan, uji kepatutan dan kelayakan dilakukan di Kepri. Namun belum ditetapkan lokasi persisnya. Dua orang komisioner KPU akan datang langsung ke Kepri.

"Uji kepatutan dan kepatutan untuk melihat integritas calon anggota KPU, tentunya juga kemampuan teknis tiap calon, meskipun telah kami lakukan dalam seleksi sebelumnya," kata dia.

Tim Seleksi KPU Kepri, kata dia, sebelumnya telah meloloskan 10 orang peserta dalam tes wawancara dan tes kesehatan yang digelar awal April.

Riama mengatakan 10 nama yang lolos tes wawancara telah diserahkan kepada KPU RI.

Sebanyak 10 orang yang lulus tes wawancara itu adalah Arifuddin Jalil, Arison, Muhammad Djuhari, Novelindo, Parlindungan Sihombing, Priya Ribut Santosa, Priyo Handoko, Richard Rando Sidabutar, Sriwati dan Widiyono Agung Sulistiyo.

Pewarta: Yuniati Jannatun Naim
Editor: Ruslan Burhani
Copyright © ANTARA 2018