Jakarta (ANTARA News) - Sejumlah topik pemberitaan menjadi yang terpopuler di Antara News pada Sabtu (21/4) antara lain deretan kendaraan baru di pameran Indonesia International Motor Show (IIMS) 2018 hingga pesan Menteri Kelautan dan Perikanan Susi Pudjiastuti kepada perempuan Indonesia di Hari Kartini.

Deretan mobil dan motor baru yang meluncur di IIMS 2018

Pameran otomotif tahunan Indonesia International Motor Show (IIMS) 2018 telah digelar sejak Kamis (19/4) yang dibuka langsung oleh Presiden Joko Widodo serta didampingi Menteri Perindustrian Airlangga Hartarto.

Presiden Jokowi juga berkunjung ke arena pameran IIMS 2018, bercakap-cakap dengan para petinggi agen pemengang merek (APM) dan mendatangi motor kustom milik putra sulungnya, Gibran Rakabumi, yang terpajang di stand INCREASE, sebelum mendatangi anjungan mobil listrik karya mahasiswa Indonesia.

Setelah itu, para APM yang terlibat pada pameran ini secara bergantian meluncurkan produk-produk terbarunya, baik kendaraan roda empat maupun roda dua dari merek-merek Jepang, China hingga Eropa.

Perempuan Indonesia, ini pesan Susi Pudjiastuti untuk Anda sekalian

Menteri Kelautan dan Perikanan Susi Pudjiastuti menyatakan, dalam rangka memperingati Hari Kartini, perempuan di Republik Indonesia harus bisa membebaskan diri dari keterbatasan agar dapat mewujudkan impian mereka.

"Saya pikir, wanita Indonesia harus mulai liberating atau membebaskan diri dari keterbatasan pemikiran-pemikiran sebagai wanita," kata Susi dalam rilis Humas KKP dalam rangka merayakan Hari Kartini di Jakarta, Sabtu.

Menurut Susi, kaum perempuan jangan terus berpikir bahwa sebagai seorang perempuan maka dirinya tidak diperbolehkan melakukan berbagai macam hal.

Anies kuliah umum di Universitas Bahcesehir Turki

Gubernur Daerah Khusus Ibu Kota (DKI) Jakarta Anies Baswedan memberikan kuliah umum di Universitas Bahcesehir, Turki, Jumat (20/4), mengenai Indonesia pada umumnya dan Jakarta secara khusus, termasuk kota cerdas (smart city).

"Smart City, saat di Casablanca saya juga memaparkan, terkait kolaborasi dan co-creator warga terhadap pembangunan. Dari City 2.0 yang sekarang menjadi menjadi City 4.0, dan ini dilakukan teknologi sebagai enabler di sinilah peran sebagai smart city sangat penting," katanya.

Ia menilai bagaimana teknologi bisa menjadikan warganya sebagai kolaborator, serta kedekatan dan kolaborasi warga yang berpartisipasi dalam pembangunan.

Imam Palestina ditembak mati di Malaysia

Imam asal Palestina Dr. Fadi M. R. Albatsh (35) ditembak mati di depan Kondominium Idaman Puteri, Jalan Meranti, Taman Medan, Kuala Lumpur, Sabtu, oleh dua pelaku yang menaiki sepeda motor saat hendak shalat subuh.

Kepala Polisi Kuala Lumpur Datuk Seri Mazlan Lazim di Kuala Lumpur, Sabtu, mengatakan pihaknya menerima informasi laki-laki Arab berusia 35 tahun ditembak mati oleh dua laki-laki yang menaiki sepeda motor pukul 06.00 pagi.

"Penyelidikan awal mendapatkan pelaku menaiki sepeda motor melepaskan lebih 10 tembakan. Pemeriksaan awal mendapatkan terdapat empat bekas tembakan di tubuh korban. Polisi menemukan dua selongsong peluru di lokasi kejadian," katanya.

Kominfo kembali surati Facebook minta penjelasan data bocor

Kementerian Komunikasi dan Informatika kembali mengirimkan surat kepada Facebook untuk meminta penjelasan dan dokumen yang berkaitan dengan penyalahgunaan sekaligus kebocoran data rahasia pengguna Facebook Indonesia.

Berdasarkan siaran pers yang dipantau di Jakarta, surat itu dikirimkan sebagai jawaban surat dari Kepala Perlindungan Data Facebook Irlandia tertanggal 10 April 2018 yang telah diterima Kominfo.

Festival kuliner peringati Hari Kartini di Roma

Festival Kuliner Indonesia bertema "Kampung Jajan Campania" diadakan Kedutaan Besar Republik Indonesia (KBRI) Roma guna memperingati Hari Kartini 21 April yang dikoordinir Dharma Wanita Persatuan KBRI Roma dengan melibatkan sekira 300 undangan.

Para undangan memadati halaman KBRI Roma untuk menikmati beragam makanan maupun mencari produk kerajinan tangan khas Indonesia di Kampung Jajan Campania, nama jalan di mana KBRI Roma berada, demikian Penerangan, Sosial dan Kebudayaan (Pensosbud) KBRI Roma, Aisyah Allamanda, menyampaikan kepada ANTARA News, Sabtu.

Keindahan seni tekstil Indonesia di Inggris

Masyarakat Inggris yang tergabung dalam pecinta tekstil oriental di London terkesima melihat seni tekstil dari berbagai daerah di Indonesia berupa kain batik lawas, tenun, ulos serta songket yang dipamerkan dalam pameran bertema "Nusawastra Silang Budaya: Indonesian Textiles at the Crossroads of Culture" di gedung pertemuan KBRI London, Jumat.

"Saya merasa beruntung bisa menyaksikan begitu banyak dan beragamnya seni tekstil Indonesia dalam satu tempat," ujar DR Philomene Verlaan dari Oriental Rug and Textile Society London kepada ANTARA News, di sela-sela pameran yang berlangsung di Kedutaan Besar Republik Indonesia (KBRI) London hingga Sabtu ini.

Pewarta: Alviansyah Pasaribu
Editor: Fitri Supratiwi
Copyright © ANTARA 2018