25 warga sipil Suriah tewas akibat serangan koalisi pimpinan AS

id suriah,perang suriah,pasukan koalisi as

25 warga sipil Suriah tewas akibat serangan koalisi pimpinan AS

Ilustrasi - Seorang pengunjuk rasa terlihat sebagai bayangan di balik bendera Suriah saat unjuk rasa diluar kedubes Amerika Serikat terhadap kemungkinan serangan terhadap Suriah di Athena, Yunani, Jumat (13/4/2018). (REUTERS/Alkis Konstantinidis)

Damaskus, Suriah (ANTARA News) - Serangan udara yang dilancarkan oleh koalisi pimpinan AS menewaskan 25 warga sipil di Provinsi Hasakah, Suriah Utara, pada Selasa (1/5), kata kantor berita resmi Suriah, SANA.

Serangan udara tersebut ditujukan ke rumah warga sipil di Desa Fadel di Kota Shadai, Hasakah Selatan, kata laporan itu, sebagaimana dikutip Xinhua. SANA menambahkan perempuan dan anak kecil termasuk di antara korban sementara puluhan orang lagi cedera.

Laporan tersebut mengecam serangan itu dan menyebutnya sebagai "pembantaian". Operasi koalisi pimpinan AS di Suriah, katanya, tidak sah.

AS telah mendukung kelompok gerilyawan pimpinan Suku Kurdi di bagian timur-laut Suriah. Pada Selasa, Pasukan Demokratik Suriah (SDF), yang didukung AS, melancarkan serangan baru terhadap petempur ISIS di pinggir timur Provinsi Deir Az-Zour di Suriah Timur di dekat perbatasan Irak.

SDF melucuti Ibu Kota de Fakto IS Raqqa di Suriah Utara pada penghujung tahun lalu, sementara Pemerintah Suriah merebut kembali banyak wilayah dari ISIS di Deir Az-Zour.

Koalisi pimpinan AS memulai operasinya di Suriah pada 2014, sementara Pemerintah Suriah mengecam koalisi semacam itu karena menyerang warga sipil sementara mendesak PBB agar mengakhiri operasi koalisi tersebut di negara yang dilanda perang itu.

(Uu.C003)

Pewarta : Chaidar Abdullah
Editor: Heppy Ratna Sari
COPYRIGHT © ANTARA 2018

Komentar