Jakarta (ANTARA News) - Kemarin Presiden Joko Widodo menyampaikan pernyataan merespons kerusuhan yang melibatkan aparat dan narapidana di Rumah Tahanan Mako Brimob Depok, Indonesia menjadi tuan rumah konferensi ulama Afghanistan-Indonesia-Pakistan, dan 145 narapidana kasus terorisme dipindahkan ke Lapas Nusakambangan di Cilacap.

Selain itu ada warta mengenai penanggulangan terorisme dan pelantikan Mahathir Mohamad sebagai Perdana Menteri Malaysia dalam ringkasan berita berikut:

1. Presiden tegaskan negara tidak gentar hadapi terorisme

Presiden Joko Widodo menegaskan negara dan rakyat Indonesia tidak gentar menghadapi tindak terorisme dan tidak akan pernah memberikan ruang sedikitpun bagi terorisme. "Saya tegaskan bahwa negara dan seluruh rakyat tidak pernah takut dan tidak akan pernah memberikan ruang sedikit pun kepada terorisme dan juga upaya-upaya yang mengganggu keamanan negara," kata Presiden Joko Widodo dalam jumpa pers di Istana Kepresidenan Bogor.

2. Polri ajak warga melawan terorisme
Kadiv Humas Polri Irjen Setyo Wasisto mengapresiasi dukungan warga bagi upaya penanggulangan terorisme dan mengajak masyarakat bergandengan tangan dan bersinergi menanggulangi masalah terorisme.

"Mari bersama bergandeng tangan, tanpa bersinergi tidak akan maksimal. Terima kasih sudah mendoakan saudara kita yang telah gugur mendahului kita," ujar Setyo Wasisto usai doa bersama yang digelar masyarakat lintas agama di depan Mabes Polri, Jakarta, Kamis malam, menyusul insiden mematikan yang melibatkan narapidana terorisme di Mako Brimob Depok.

3. Indonesia tuan rumah Konferensi Ulama Trilateral
Indonesia menjadi tuan rumah Konferensi Ulama Trilateral Afghanistan, Indonesia dan Pakistan yang akan membahas upaya perdamaian di Afghanistan. Presiden RI Joko Widodo dijadwalkan membuka konferensi yang akan berlangsung di Istana Bogor pada Jumat (11/5).

4. Mahathir Mohamad dilantik sebagai PM Malaysia
Ketua Pakatan Harapan (PH) Tun Dr Mahathir Mohamad dilantik sebagai Perdana Menteri Malaysia ketujuh oleh Yang di-Pertuan Agung XV Sultan Muhammad V di Istana Negara, Kuala Lumpur, Kamis malam, mengakhiri ketidakpastian situasi politik usai kekalahan Barisan Nasional yang berkuasa selama 60 tahun dalam Pilihan Raya Umum (PRU) ke-14 pada Rabu (9/5).

5. Narapidana kasus terorisme dipindahkan ke Nusakambangan
Sebanyak 145 narapidana kasus terorisme pindahan dari Rumah Tahanan Mako Brimob, Kelapa Dua, Depok, Jawa Barat, tiba di Pulau Nusakambangan, Kabupaten Cilacap, Jawa Tengah. Delapan bus milik Korps Brimob yang membawa mereka tiba di Dermaga Wijayapura, Cilacap, Kamis, pukul 17.15 WIB, dengan pengawalan ketat anggota Polri yang menumpang sejumlah kendaraan roda empat serta sebuah kendaraan Barracuda.
 

Pewarta: Sella Panduarsa Gareta
Editor: Maryati
Copyright © ANTARA 2018