Tangerang luncurkan program "Banten Sehat" pemeriksaan hamil

id banten sehat, pemeriksaan ibu hamil,puskemas tangerang

Tangerang luncurkan program

ilustrasi: Puskesmas Rawat Inap Manis Jaya Kecamatan Jatiuwung, Kota Tangerang, salah satu Puskesmas di Kota Tangerang, Banten yang memberikan layanan secara online. (istimewa)

Tangerang (ANTARA News) - Pemerintah Kabupaten Tangerang, meluncurkan program "Banten Sehat" dengan melakukan pemeriksaan ibu hamil dan balita yang dipusatkan di RSUD Pakuhaji, Minggu (13/5).

"Sasarannya adalah pemeriksaan 1.000 hamil dan pemberian makanan tambahan," kata Kepala Bagian Pemerintahan Kabupaten Tangerang, Tisna Hambali di Tangerang, Sabtu.

Tisna mengatakan program tersebut digagas oleh Pemprov Banten dan ditunjuk Kabupaten Tangerang sebagai tuan rumah agar penduduk sehat terutama bagi balita dan ibu hamil.

Pemeriksaan itu dilakukan secara gratis oleh tim medis termasuk pemberian obat-obatan yang dibutuhkan peduduk.

Namun peluncuran program itu oleh Gubernur Banten, Wahidin Halim dan didampingi Pj Bupati Tangerang, Komarudin serta pejabat setempat lainnya.

Bahkan dalam program tersebut diberikan makanan tambahan untuk balita agar sehat dan terhindar dari penyakit.

Menurut dia, Pj Bupati sudah memerintahkan para camat di kawasan pesisir untuk mendata ibu hamil dan disarankan untuk memeriksanakan kesehatan.

Dalam program itu juga diberikan paket sembako kepada warga kurang mampu diantaranya berisi beras, terigu, gula dan minyak goreng.

"Ini juga bertujuan agar dapat meringankan bagi warga untuk memenuhi kebutuhan menghadapi bulan Ramadhan," katanya.

Dia menambahkan warga Kecamatan Pakuhaji, Sepatan, Mauk dan Sukadiri diharapkan mendatangi RSUD untuk melakukan pemeriksaan kesehatan.

Dia menambahkan sasaran utama program adalah ibu hamil dan balita karena bayi yang lahir secara sehat sebagai generasi penerus bangsa.

Penunjukan RSUD Pakuhaji sebagai lokasi program karena selama ini penduduk di pesisir kesulitan untuk berobat akibat rumah sakit letaknya relatif jauh di Jakarta atau Kota Tangerang.

Pewarta : Adityawarman(TGR)
Editor: Ruslan Burhani
COPYRIGHT © ANTARA 2018

Komentar