Pekanbaru (ANTARA News) - PT Perkebunan Nusantara V menyediakan 1.000 kursi mudik gratis "Mudik Bareng BUMN" kepada masyarakat Provinsi Riau dengan tujuan Kota Medan, Sumatera Utara pada angkutan Lebaran 2018.

"Pada mudik Lebaran tahun ini kami menyiapkan 1.000 kursi gratis bagi seluruh masyarakat Riau," kata Humas PTPN V Riski Atriansyah kepada Antara di Pekanbaru, Jumat.

Pendaftaran mudik gratis dengan menggunakan puluhan armada bus yang disiapkan khusus oleh BUMN yang bergerak di bidang perkebunan sawit tersebut dimulai sejak 16 hingga 27 Mei 2018.

Dua hari setelah pendaftaran dibuka, antusiasme masyarakat cukup tinggi dengan terdata ratusan masyarakat mulai menggali informasi ke kantor pusat PTPN V, Jalan Rambutan, Kota Pekanbaru.

Riski menjelaskan bahwa untuk turut serta dalam kegiatan "Mudik Gratis BUMN PTPN V" tersebut cukup mendaftar dengan membawa serta fotokopi KTP serta Kartu Keluarga dan mencantumkan nomor ponsel.

"Mudik gratis akan terasa lebih asik karena kita juga menyiapkan souvenir cantik bagi para pendaftar," ujarnya.

Lebih jauh, dia mengatakan bagi masyarakat yang ingin mendaftarkan diri atau sekedar mencari informasi bisa langsung menghubungi panitia mudik gratis BUMN PTPN V di nomor 081277085249.

Program mudik gratis juga dilakukan oleh berbagai BUMN lainnya dalam program "Mudik Gratis Bareng BUMN".

Program ini diadakan untuk menekan jumlah pemudik yang menggunakan kendaraan roda dua mudik ke kampung halaman.

Direktur Utama PT Jasa Raharja yang juga Ketua Satuan Tugas Mudik Gratis BUMN 2018, Budi Raharjo, mengatakan tahun 2018 sebanyak 62 BUMN telah menyiapkan 200.000 kursi gratis untuk masyarakat menuju kampung halamannya.

Baca juga: Pelni-BUMN sediakan 23.908 tiket mudik gratis

Pewarta: Bayu Agustari Adha dan Anggi Romadhoni
Editor: Fitri Supratiwi
Copyright © ANTARA 2018