Hujan abu Merapi meluas di Magelang

id hujan abu merapi,letusan merapi,gunung merapi,aktivitas vulkanik merapi,warga lereng merapi

Hujan abu Merapi meluas di Magelang

Arsip Foto. Sejumlah siswa berangkat sekolah menggunakan masker saat hujan abu Merapi meliputi Kaliurang, Sleman, DI Yogyakarta, Senin (21/5/2018). Gunung Merapi kembali meletus freatik sebanyak dua kali pada Senin pukul 01.25 (dini hari) dan pukul 09.38, mengakibatkan hujan abu tipis. (ANTARA FOTO/Hendra Nurdiyansyah)

Magelang, Jawa Tengah (ANTARA News) - Hujan abu akibat letusan freatik Gunung Merapi pada Rabu pukul 03.31 WIB meluas di wilayah Kabupaten Magelang, mencakup lebih banyak daerah ketimbang hujan abu akibat letusan Senin (21/5).

Kepala Seksi Kedaruratan Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Magelang Didik Wahyu Nugroho menyebutkan sekarang wilayah yang terdampak hujan abu Merapi meliputi Keningar, Sumber, Ngargomulyo, Ngadipuro, Wates, Kalibening, Dukun, Mungkid, Sawangan, dan Pabelan.

"Hujan abu bahkan sampai di wilayah Kalinegoro dan Salaman namun relatif tipis," katanya.

Ia menuturkan letusan freatik Merapi dini hari ini mengarah ke barat daya sehingga wilayah Kabupaten Magelang banyak yang terdampak hujan abu vulkaniknya.

Menurut Balai Penyelidikan dan Pengembangan Teknologi Kebencanaan Geologi (BPPTKG) Yogyakarta status aktivitas Gunung Merapi masih Waspada. Didik mengimbau warga tidak panik, tetap tenang namun waspada selama beraktivitas.

"Gunakan masker dan kaca mata untuk antisipasi jika beraktivitas di luar ruangan," katanya.

Ia juga meminta masyarakat memantau perkembangan aktivitas Gunung Merapi melalui sumber informasi terpercaya dan badan pemerintah.

"Kami juga mengimbau masyarakat untuk tidak mempercayai dan tidak ikut menyebarluaskan berita hoaks yang dapat meresahkan," katanya.

Baca juga: Merapi erupsi freatik dan kemungkinan magmatik pada Rabu pagi
 

Pewarta : Heru Suyitno
Editor: Maryati
COPYRIGHT © ANTARA 2018

Komentar