Jakarta (ANTARA News) - Ketua MPR RI Zulkifli Hasan mengatakan keberhasilan Indonesia memadukan Islam dan demokrasi bisa menjadi contoh atau best practices untuk negara negara Islam di dunia. 

"Indonesia adalah negara demokrasi dengan mayoritas muslim terbesar di dunia. Ketika banyak negara Islam gagal dengan demokrasi, Indonesia bisa menjadi contoh terbaik," kata dia dalam International Forum for Developmentalism Parliamentalism di Moscow Rusia, Selasa (5/6), seperti dalam keterangan tertulis MPR, Rabu. 

Cara terbaik menyandingkan Islam dan Demokrasi adalah menghadirkan nilai nilai saling menghormati dalam perbedaan. 

"Di Indonesia kami punya Pancasila. Lima Sila yang menjadi dasar perilaku manusia Indonesia sehari hari. Di Indonesia 260 juta lebih penduduk kami hidup bersama dalam 6 Agama yang berbeda," tutur Zulkifli. 

Dia lalu mengajak para pimpinan parlemen sejumlah negara yang hadir saat itu datang ke Indonesia untuk melihat kehidupan berdemokrasi di sana. 

"Di forum ini saya ingin sampaikan jika dunia ingin melihat negara mayoritas muslim yang hidup berdampingan dengan demokrasi dan toleransi, datanglah ke negeri kami Indonesia," kata dia. 

Sebelumnya di hari yang sama, Zulkifli juga memimpin delegasi Indonesia bertemu Ketua Majelis Rendah Parlemen Rusia-Duma Vyacheslav Volodin. Pertemuan sepakati kerjasama parlemen Indonesia - Rusia di berbagai bidang.

Pewarta: Lia Wanadriani Santosa
Editor: Ida Nurcahyani
Copyright © ANTARA 2018