Jakarta (ANTARA News) - Imam Masjidil Haram Syekh Hasan Abdul Hamid Bukhari menganggap Indonesia seperti negara kedua karena hubungan panjang yang kuat antara Arab Saudi dengan Indonesia.

"Ada hubungan yang kuat antara Arab Saudi dan Indonesia dan bagaimana ukhuwah Islamiyah terbangun," kata Syekh Hasan yang diterjemahkan Umar Makka di Pimpinan Pusat Dewan Masjid Indonesia, Jakarta, Rabu.

Syekh Hasan mengatakan kunjungannya ke Indonesia, selain untuk memperkuat hubungan antara Arab Saudi dengan Indonesia, juga untuk menghadiri Pertemuan Ulama dan Dai se-Asia Tenggara, Afrika dan Eropa V yang diselenggarakan di Jakarta.

Dia mengucapkan terima kasih kepada Pemerintah Indonesia yang telah mempermudah kedatangannya dan sangat senang agenda pertamanya setiba di Indonesa adalah mengunjungi Dewan Masjid Indonesia.

"Mudah-mudahan pertemuan dengan orang-orang yang mengurus masjid merupakan pintu kebaikan," tuturnya.

Sementara itu, Wakil Ketua Umum Dewan Masjid Indonesia Komjen Polisi Syafruddin mengatakan Indoensia dengan Arab Saudi memiliki hubungan erat yang sangat panjang karena banyak ulama-ulama Indonesia menimba ilmu di negeri tersebut.

"Kebanyakan ulama dan dai Indonesia adalah lulusan Makkah dan Madinah, selain Kairo," katanya.

Tentang masjid-masjid di Indonesia, Syafruddin mengatakan kebanyakan dibangun oleh masyarakat dan diurus oleh masyarakat. Sama sekali tidak ada kontrol pemerintah terhadap masjid-masjid.

Syafruddin mengatakan seluruh masjid dan mushola di Indonesia tetap terjaga dan dia menjamin bahwa masjid-masjid tetap berada di dalam rel dan kesuciannya sebagai rumah Allah.

"Masjid di Indonesia dikelola oleh orang-orang baik yang tulus ikhlas menjaga tempat ibadah," katanya.

Baca juga: Menag harap WNI bisa jadi imam Masjidil Haram

Pewarta: Dewanto Samodro
Editor: Monalisa
Copyright © ANTARA 2018