Bogor (ANTARA News)  - Presiden Joko Widodo menginginkan pemerintahan di pusat dan daerah berada dalam satu garis yang sama, selaras dalam menerapkan kebijakan.

"Kita ingin agar pemerintah pusat, pemerintah provinsi, pemerintah kabupaten, ini betul-betul satu garis lurus," kata Presiden dalam pertemuan dengan sejumlah bupati di Istana Kepresidenan Bogor, Kamis.

Ia juga menekankan bahwa setiap kebijakan pemerintah pusat mesti dikerjakan bersama secara selaras antara pemerintah pusat dengan pemerintah di daerah, termasuk pemerintah kabupaten.

Dalam pertemuan dengan sekitar 30 bupati dari berbagai daerah di Indonesia itu, Presiden Jokowi didampingi oleh Menteri Sekretaris Negara Pratikno.  

"Ini undangan khusus kepada bapak dan ibu bupati," katanya.

Presiden menambahkan dia memang ingin mengundang mereka dalam forum yang lebih kecil agar mereka bisa lebih leluasa menyampaikan pendapat dan pemikiran mereka.

"Sehingga lebih bebas untuk menyampaikan hal-hal yang berkaitan dengan pemerintahan di daerah, karena saya ingin pemerintahan di pusat dan daerah berada dalam satu garis lurus," katanya. 

Pertemuan itu dihadiri oleh bupati dari Provinsi Daerah Istimewa Yogyakarta, Jawa Tengah, Jawa Timur, Jawa Barat, Kalimantan Barat, Gorontalo. Presiden dijadwalkan bertemu dengan bupati dari wilayah provinsi yang lain sore ini.
 

Pewarta: Agus Salim
Editor: Maryati
Copyright © ANTARA 2018