Surabaya (ANTARA News) - Wali Kota Surabaya, Tri Rismaharini mengapresiasi rencana kerja sama yang ditawarkan Pemerintah Singapura kepada Kota Surabaya dalam bidang pariwisata, investasi serta pertukaran pegawai dan pelajar.

"Kami sangat berterima kasih atas rencana kerja sama ini," katanya usai menerima penghargaan Lee Kuan Yew World City Prize kategori Special Mention di Marina Bay Sands Expo and Convention Center, Singapura, Senin.

Wali kota perempuan pertama di Surabaya ini juga mengaku akan menyiapkan sesuatu yang dibutuhkan untuk menyambut kerja sama yang sama-sama menguntungkan bagi Surabaya dan Singapura.

Selain menerima penghargaan Lee Kuan Yew World City Prize, Risma juga menjadi pembicara di acara World Cities Summit (WCS) 2018 di Singapura pada 7 hingga 9 Juli 2018.

Untuk mematangkan rencana kerja sama itu, Risma memanfaatkan waktu longgarnya diacara penerimaan penghargaan dengan melakukan pertemuan dengan Menteri Luar Negeri Singapura, Mohammad Maliki.

Bahkan, Risma sebelumnya sudah melakukan pertemuan dengan Menteri Pembangunan Nasional dan Sumber Daya Manusia Singapura, Zaqy Mohamad pada Minggu (8/7).

Mohammad Maliki mengucapkan selamat atas keberhasilan Kota Surabaya atas penghargaan Special Mention Lee Kuan Yew World City Prize.

Ia menawarkan beberapa kerja sama dengan Kota Surabaya, mulai bidang pariwisata, investasi dan pertukaran pegawai hingga pertukaran pelajar.

Untuk kerja sama pariwisata, pihaknya akan meningkatkan pelayaran dari Singapura ke Surabaya. Sebab, ia menilai Kota Surabaya merupakan salah satu destinasi menarik.

Bahkan, ia berharap ada penumpang baru serta dapat kerja sama dalam bidang pelabuhan dan logistik. "Surabaya bisa menjadi pasar Indonesia Timur. Dan Singapura bisa dijadikan oleh Surabaya untuk memasarkan ke kota dunia lainnya," tambahnya.

Kerja sama investasi bidang properti, Maliki berjanji akan membawa pebisnis Singapura untuk berinvestasi langsung di Kota Surabaya. "Saya melihat perkembangan Surabaya sangat tepat untuk investor Singapura, terutama bidang properti," katanya.

Ia juga menawarkan kerja sama pertukaran antarmahasiswa dan tidak menutup kemungkinan kerja sama antaruniversitas kedua kota di Singapura dan Surabaya.

Oleh karena itu, demi memantapkan kerja sama antara Singapura dan Kota Surabaya, Mohammad Maliki berencana akan mengundang khusus Wali Kota Risma dalam waktu dekat untuk melihat sektor yang bisa dikerjasamakan.

"Kami akan undang khusus Ibu Risma untuk mengunjungi fasilitas khusus dan tempat yang bisa dikerjasamakan, sehingga Ibu Risma bisa memilih tempat dan sektor mana saja yang bisa dikunjungi untuk dikerjasamakan," jelasnya.

Pewarta: Abdul Hakim
Editor: Kunto Wibisono
Copyright © ANTARA 2018