Bekasi (ANTARA News) - Penjabat Gubernur Jawa Barat Komjen M Iriawan menyatakan pembenahan di area Stadion Patriot Candrabaga Bekasi mencapai 89 persen dan siap digunakan dalam cabang olahraga sepak bola pada Asian Games 2018.

"Proses pembenahan stadion sudah mencapai 89 persen dan saya minta untuk dipercepat," katanya di sela melakukan monitoring dan evaluasi (monev) bersama jajaran terkait di Stadion Patriot Chandrabaga Bekasi, Senin.

Target penuntasan pembenahan selesai 20 hari ke depan. "Saya minta 20 hari ke depan sudah benar-benar siap digunakan untuk menghelat pertandingan di ajang Asian Games," ucapnya.

Sejumlah pekerjaan yang perlu percepatan adalah penanganan kondisi rumput lapangan yang sebagian masih kering dan belum rapat, ruang kerja wartawan, ruang ganti pemain, pengecatan ruang VVIP, pembersihan tribun penonton, papan skor, dan papan petunjuk menuju arena.

Menurut dia, kekurangan itu merupakan tanggung jawab Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (Kemen PUPR), sebab Pemerintah Kota (Pemkot) Bekasi dan Pemprov Jawa Barat bukan sebagai pihak pengguna anggaran.

"Saya lihat kesiapan Stadion Patriot ada beberapa?catatan yang masih kurang. Ini tanggung jawab Kementerian PUPR. Saya sudah foto situasinya untuk saya kirim ke Ketua Panita Penyelanggara Asian Games 2018 (Inasgoc), Erick Thohir, Menteri PUPR Basuki Hadimuljono dan Wakil Presiden Jusuf Kalla agar bisa menjadi perhatian," katanya.

Ia mengatakan kondisi rumput stadion saat ini sekitar 5-10 persen masih ada yang kering dan tidak rapat dalam proses pemasangannya. Selain itu, ada sebagian akar rumput yang tidak kuat dan mudah lepas.

Iriawan juga mengamati kondisi ruang kerja wartawan yang masih berantakan, bahkan plafon di beberapa titik masih ada yang belum terpasang, meja kerja belum disiapkan, serta perangkat komputer dan jaringan yang belum terpasang.

"Asian Games ini menjadi pertaruhan nama baik Indonesia di mata negara-negara peserta maupun internasional," katanya.

Kondisi serupa juga dijumpai Iriawan saat meninjau ruang ganti dan istirahat pemain serta tangga menuju ruang VVIP yang masih kusam pada bagian dindingnya, karena belum dilakukan pengecatan.

Iriawan juga mengkritisi belum terpasangnya satu papan skor digital di atas gawang sisi utara.

"Papan skor digital yang diganti baru di gawang bagian selatan, sementara di bagian utara masih konvesional. Ini tidak sesuai janji mereka," ucapnya.

Dikatakan Iriawan, tribun penonton juga masih kotor dan berdebu pascapemakaian kompetisi Liga 1 musim lalu dan sejumlah acara yang digelar masyarakat.

"Saya lihat papan petunjuk penuju arena juga belum ada yang dipasang di Kota Bekasi," katanya.

Iriawan berjanji akan kembali meninjau proses persiapan arena Stadion Patriot pada 4 Agustus 2018 untuk memastikan seluruh persiapan sudah sepenuhnya dijalankan.

"Saya harap H-10 Asian Games, seluruh arena di Jawa Barat sudah rampung seluruhnya," katanya.

Baca juga: Stadion Bekasi dilengkapi papan skor seharga Rp1 miliar

Baca juga: Press room Stadion Patriot Bekasi diperluas

Baca juga: Stadion Bekasi ditanami rumput Zoysia untuk Asian Games

Pewarta: Andi Firdaus
Editor: AA Ariwibowo
Copyright © ANTARA 2018