Jaksa Agung: kejahatan lintas negara makin masif

id kejahatan lintas negara,jaksa agung

Jaksa Agung: kejahatan lintas negara makin masif

Arsip Foto. Jaksa Agung HM Prasetyo (tengah) saat menyampaikan paparannya saat Rapat Kerja dengan Komisi III DPR di Komplek DPR, Jakarta, Senin (16/7/2018).(ANTARA FOTO/Muhammad Adimaja)

Jakarta (ANTARA News) - Jaksa Agung HM Prasetyo menyatakan saat ini kejahatan lintas negara semakin masif dan penanganannya membutuhkan kerja sama dan koordinasi dengan banyak negara.

"Sekarang kan negara seolah-olah tidak ada batas satu sama lain, itu perlu sinergitas kerja sama koordinasi dengan banyak negara," katanya seusai Dzikir Akbar dalam acara peringatan HUT Adhyaksa ke-58 di Jakarta, Jumat.

"Hari ini tadi Menteri Luar Negeri telepon saya (tentang) adanya kasus yang harus penanganan khusus, yang berkaitan juga pelakunya dari mancanegara," katanya.

Ia mengatakan sekarang orang bisa merencanakan kejahatan di satu negara dan menjalankan rencananya di negara lain, dan penanganannya membutuhkan konsentrasi bersama.

"Adanya kerja sama itu akan menghilangkan sekat-sekat perbedaan baik sistem hukum maupun batasan yurisdiksi," katanya.

Dengan demikian, ia melanjutkan, tidak ada penjahat yang akan merasa aman ketika melakukan kejahatannya dimana pun juga.

Baca juga: Indonesia-Thailand sepakat berantas kejahatan lintas negara
Baca juga: Kejaksaan Resmikan Satgas Anti Kejahatan Lintas Negara

 

Pewarta : Riza Fahriza
Editor: Maryati
COPYRIGHT © ANTARA

Komentar