Saling memaafkan antara pelaku dan korban aksi terorisme merupakan salah satu cara pemerintah dalam mengikis dan menyelesaikan isu-isu terorisme dan radikalisme di Indonesia."
Jakarta (ANTARA News) -  Kepala Badan Nasional Penanggulangan Terorisme (BNPT) Komjen Pol Suhardi Alius mengatakan Indonesia telah membuktikan bahwa pendekatan lunak efektif dalam menanggulangi terorisme.

"Dalam sejarah penanggulangan terorisme di dunia, pemerintah Indonesia telah membuktikan bahwa pendekatan lunak melalui aspek kemanusiaan dapat meredam aktivitas terorisme," katanya  dalam The 7th World  Peace  Forum (WPF) dengan tema the Middle Path for the World Civilization di Jakarta, Kamis.

Negara-negara lain, kata Suhardi, dalam menanggulangi terorisme lebih banyak mengandalkan pendekatan keras melalui penegakan hukum dan militeristik. 

Menurut Suhardi, pendekatan lunak memang merupakan proses cukup berat. Melalui pendekatan ini mantan terpidana terorisme dibimbing untuk meninggalkan ideologinya, diperhatikan kehidupannya termasuk keluarganya, hingga akhirnya dapat hidup bersama dengan masyarakat.

"Perpaduan dengan pendekatan budaya lokal mampu mendorong efektivitas pendekatan lunak," kata mantan Kabareskrim Polri ini. 

BNPT juga mempertemukan mantan pelaku teror dengan korban dan keluarga korban dalam satu forum. 

Metode ini cukup efektif dalam menumbuhkan semangat kebersamaan antara kedua pihak dan mendorong mereka untuk berpartisipasi dalam membangun masyarakat yang lebih aman dan damai tanpa ada perasaan bersalah dan minder, kata Suhardi.

"Saling memaafkan antara pelaku dan korban aksi terorisme merupakan salah satu cara pemerintah dalam mengikis dan menyelesaikan isu-isu terorisme dan radikalisme di Indonesia," katanya.

The 7th World  Peace  Forum diselenggarakan oleh Kantor Utusan Khusus Presiden RI untuk Dialog dan Kerjasama Antar Agama dan Peradaban (UKP-DKAAP) bekerja sama dengan Center for Dialog and Cooperation Among Civilization (CDCC) dan Chengho Multi Culture and Education Trust (CMCET) dari Malaysia. 

Kegiatan yang digelar selama tiga hari, 14-16 Agustus, ini dihadiri sejumlah tokoh agama dari berbagai negara seperti Eropa, Arab, Afrika, dan Asia termasuk dari Jepang, Korea dan China.

Baca juga: BNPT bekali mahasiswa baru IPB wawasan tentang radikalisme

Baca juga: BNPT: Mahasiswa baru harus dibentengi dari pengaruh radikalisme

Baca juga: BNPT nyatakan napi terorisme perlu perlakuan khusus

Baca juga: Jerman pelajari pendekatan lunak BNPT tangani teroris

Pewarta: Sigit Pinardi
Editor: Kunto Wibisono
Copyright © ANTARA 2018