BPJS-TK luncurkan desa sadar jaminan sosial ketenagakerjaan

id bpjs ketenagakerjaan

BPJS-TK luncurkan desa sadar jaminan sosial ketenagakerjaan

Arsip - Dirut BPJS Ketenagakerjaan Agus Susanto (kiri) berbincang dengan pengungsi di Dusun Wadon, Gunung Sari, Lombok Utara, Minggu (12/8/2018). (erafzon sas)

Lampung Timur, (ANTARA News) - Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) Ketenagakerjaan bersama Pemerintah Kabupaten Lampung Timur meluncurkan Desa Sadar Jaminan Sosial Ketenagakerjaan di Desa Mengandung Sari, Lampung Timur.

"Program Desa Sadar Jaminan Sosial merupakan inovasi dari BPJS Ketenagakerjaan, sejak 2017 bekerja sama dengan aparat desa dalam memberikan sosialisasi dan edukasi kepada masyarakat pekerja di desa, agar lebih memahami manfaat dari program BPJS Ketenagakerjaan," kata Direktur Perencanaan Strategis dan Teknologi Informasi (Renstra dan TI) BPJS Ketenagakerjaan, Sumarjono, di Desa Mengandung Sari, Kecamatan Sekampung Udik, Lampung Timur, Senin.

Dia menyebutkan tujuan dibentuk Desa Sadar Jaminan Sosial Ketenagakerjaan agar masyarakat desa mengenal lebih dekat program-program BPJS Ketenagakerjaan sehingga menimbulkan kesadaran akan pentingnya perlindungan jaminan sosial.?

Selain itu, lanjutnya, peserta dapat memahami program BPJS Ketenagakerjaan yang lebih lengkap dan paripurna dalam menghadapi risiko sosial yang dapat menimpanya.

"Jangan cuma mendaftar dan membayar tetapi pahami dahulu program-program BPJS Ketenagakerjaan," ujarnya.

Program Desa Sadar Jaminan Sosial tersebut, lanjutnya, bukan merupakan program BPJS Ketenagakerjaan tetapi program pemerintah, agar semua rakyat dilindungi oleh jaminan sosial.

Sumarjono menjelaskan, melalui program tersebut pamong desa dapat mengingatkan masyarakatnya akan pentingnya jaminan sosial.

Program yang telah berlangsung sejak 2017 itu, khusus untuk Kabupaten Lampung Timur baru sekitar empat persen dari total ratusan desa di daerah setempat. "Di Desa Mengandung Sari, pesertanya baru mencapai 16 persen," katanya.

Direktur Renstra dan TI BPJS Ketenagakerjaan itu mengatakan pada tahun lalu telah diluncurkan 276 Desa Sadar Jaminan Sosial Ketenagakerjaan dan tahun ini sekitar 200 desa.

Program BPJS Ketenagakerjaan itu berupa Jaminan Hari Tua, Jaminan Kecelakaan Kerja, Jaminan Kematian dan Jaminan Pensiun yang melengkapi jaminan sosial yang sebelumnya sudah diselenggarakan.

Wakil Bupati Lampung Timur Zaiful Bokhari mengapresiasi program Desa Sadar Jaminan Sosial Ketenagakerjaan yang diluncurkan.

"Kami sangat antusias dengan program ini, mengingat sebagian besar masyarakat kami 60 persen atau 1,2 juta lebih adalah petani dan berharap ikut program tersebut mengingat pentingnya jaminan sosial," katanya. Lampung Timur bersama BPJS Ketenagakerjaan juga akan terus melakukan sosialisasi kepada masyarakat supaya mereka mengetahui tentang pentingnya program-program BPJS.*

 

Baca juga: BPJS-TK serahkan santunan kematian pada korban Lombok

Baca juga: Dirut BPJS-TK: kami melindungi bukan jual polis


 

Pewarta : Agus Wira Sukarta
Editor: Erafzon Saptiyulda AS
COPYRIGHT © ANTARA

Komentar