"Jadi tidak ada antri di sini..."
Jakarta (ANTARA News) -  Wakil Presiden (Wapres) Jusuf Kalla menyerahkan sapi kurban atas nama Presiden Joko Widodo (Jokowi) dan dirinya ke panitia di Masjid Istiqlal, Jakarta, Rabu, yang secara simbolis diterima oleh Direktur Jenderal Bimbingan Masyarakat Islam Kementerian Agama Muhammadiyah Amin.

"Di Hari Raya Idul Adha ini, saya menyerahkan kurban atas nama Presiden dan saya untuk diberikan kepada yang berhak," kata Wapres Jusuf Kalla usai mengikuti Shalat Idul Adha di Masjid Istiqlal Jakarta, Rabu.

Presiden Joko Widodo dan Wapres Jusuf Kalla masing-masing berkurban seekor sapi dengan berat sekitar 1,5 ton untuk setiap kurbannya. Sapi kurban dari Presiden dan Wapres tersebut kemudian disembelih Rabu sore, pukul 16.00 WIB, bersamaan dengan hewan kurban lainnya.

Hari Raya Idul Adha kali ini, Masjid Istiqlal menerima hewan kurban sedikitnya 26 sapi dan 17 kambing, yang di antaranya terdapat sapi kurban milik Ketua Umum Partai Demokrasi Indonesia (PDI) Perjuangan Megawati Soekarnoputri, Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi Syafruddin, Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi dan Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan.

Daging hewan kurban yang disembelih tersebut rencananya akan disalurkan ke sejumlah yayasan dhuafa, sehingga tidak ada pembagian langsung kepada warga di sekitar Masjid Istiqlal.

"Kami sudah ada kantong dhuafa yang memang nanti begitu selesai disembelih, kami kirim hari ini juga atau sampai malam nanti. Jadi tidak ada antri di sini, rencana (pemotongan) jam 4 sore," kata Imam Besar Masjid Istiqlal Nazarudin Umar.

Pewarta: Fransiska Ninditya
Editor: Risbiani Fardaniah
Copyright © ANTARA 2018