Jakarta (ANTARA News) - Tim Jetski Indonesia harus rela melepaskan medali emas di kelas Runabout Limited setelah kalah dari Uni Emirat Arab dan berharap masih mampu meraihnya di kelas Endurance Runabout Open.

Atlet Indonesia, Aero Sutan Aswar dan Aqsa Sutan Aswar hanya mampu meraih medali perak dan perunggu di kelas Runabout Limited setelah kalah dari atlet Uni Emirat Arab, Ali Allanjawi, dalam perolehan poin akhir, akumulasi dari empat babak.

Cabang Jetski mempertandingkan empat kelas, yaitu Runabout 1100 Stock, Runabout Limited, Ski Modified, dan Endurance Runabout Open.

Aero mengatakan, pada kelas terakhir yang diikuti, Endurance Runabout Open, ia berjanji akan berjuang sekuat tenaga agar bisa meraih medali emas, terlebih ia bertanding di hadapan pendukungnya.

"Peluang masih ada, dan kita masih menargetkan emas," ujar Aero.

Menurutnya, kekalahan di kelas Runabout Limited akan menjadi bahan evaluasinya untuk bertanding pada Sabtu besok.

Sementara untuk kelas Runabout 1100 Stock dan Ski Modified, perjuangan Indonesia untuk meraih emas bisa dipastikan tertutup. Dalam dua kelas tersebut, Indonesia menerjunkan Aqsa Sutan Aswar dan Muhammad Farizi.

Peluang indonesia hanya bisa meraih medali perunggu di kelas Runabout 1100, dengan catatan, Muhammad Farizi mampu finish diurutan pertama pada babak terakhir atau moto 4, dan lawannya yang juga akan memperebutkan medali perunggu yakni Saly Ou Moeut dan Almaazmi Khalid berada di urutan lima ke bawah.

Saat ini kelas Runabout 1100 Stock dikuasai duo Thailand yakni Buree Phadit dan Kunsa Attapon, masing-masing menduduki posisi pertama (180 poin) dan kedua (145 poin) dari tiga babak yang sudah dipertandingkan.

Posisi ketiga diduduki Almaazmi Khalid (132 poin), keempat Saly Ou Moeut (132 poin), dan Muhammad Farizi (124 poin).

Adapun penilaian pertandingan jetski ini didasarkan pada poin. Atlet yang menempati posisi pertama meraih 60 poin, kedua 53 poin, dan ketiga 48 poin. 

Untuk kelas Ski Modified peluang Indonesia sudah tertutup. Dua atlet yang turun dikelas tersebut, Aqsa Sutan Aswar dan Muhammad Farizi berada di urutan dua terbawah. Bahkan, pada babak moto 2 dan moto 3, mereka tidak ikut bertanding hingga harus kehilangan poin.

Harapan Indonesia meraih emas kini hanya tinggal ada dipundak Aero Sutan Aswar di kelas Endurance Runabout Open yang akan mulai bertanding pada Sabtu (25/8). ***4***

Pewarta: Asep Firmansyah
Editor: Dadan Ramdani
Copyright © ANTARA 2018