Jawa Barat adalah provinsi yang potensial dan strategis. DPT (Daftar Pemilih Tetap) saja lebih dari 32,8 juta, hampir seluruh Sumatera ada di Jawa Barat."
Jakarta (ANTARA News) - Ketua Umum Partai NasDem Surya Paloh berpendapat provinsi Jawa Barat sangat berpotensi dan strategis untuk meraup suara di Pemilihan Presiden 2019.

"Jawa Barat adalah provinsi yang potensial dan strategis. DPT (Daftar Pemilih Tetap) saja lebih dari 32,8 juta, hampir seluruh Sumatera ada di Jawa Barat," kata Surya di Kantor DPP NasDem, Gondangdia, Jakarta Pusat, Rabu.

Oleh karena itu, dirinya meminta agar tim pemenangan Joko Widodo-Ma'ruf Amin konsentrasi di Jawa Barat karena suara di provinsi itu menentukan peta politik nasional.

Surya menegaskan, tim pemenangan Jokowi-Ma'ruf harus bisa memastikan Pilpres 2019 bisa memenangkan suara di Jawa Barat. 

"Harus yakinkan dan pastikan Jawa Barat adalah memberikan kemenangan bagi pasangan Jokowi dan Kiai Ma'ruf Amin," ujarnya.

Ia pun meyakini peluang menang di Jawa Barat sangat tinggi mengingat ada sosok Ridwan Kamil sebagai Gubernur Jawa Barat. 

Sosok Emil yang menyatakan sikap mendukung Jokowi diharapkan mampu meningkatkan elektabilitas Jokowi, ujarnya. 

Selain itu, kata dia, sosok Kiai Ma'ruf juga bisa menyuntik suara di Jawa Barat. Ia menilai Kiai Ma'ruf merupakan tokoh yang berkharisma di Jawa Barat.

Dalam kesempatan itu, Surya mengatakan hampir semua gubernur di Indonesia mendukung bakal calon pasangan presiden dan wakil presiden Joko Widodo-Ma'ruf Amin.

"Saya pikir hampir merata, coba sebutkan gubernur mana yang tidak mendukung Pak Jokowi hari ini. Yang Anda dengar siapa?" kata Surya.

Ia menambahkan, para gubernur harus berjalan seirama dengan kebijakan pemerintah pusat, oleh karenanya dirinya optimistis banyak pihak yang memberikan dukungan kepada Jokowi.

"Bagaimanapun, gubernur kan perpanjangan tangan, harusnya memang seirama sejalan," tuturnya.

Pewarta: Syaiful Hakim
Editor: Kunto Wibisono
Copyright © ANTARA 2018