Jakarta (ANTARA News) - Mini Indonesia, bagian dari BMW Group Indonesia, menghadirkan dua varian Cooper Countryman rakitan dalam negeri batch pertama yang menawarkan kendaraan kompak premium dengan harga yang lebih murah ketimbang versi impor utuh (Completely Build Up/CBU).

Dua varian Mini yang dirakit di Indonesia, New Mini Cooper Countryman dan New Mini Cooper S Countryman Sports, dijual masing-masing dengan harga Rp599 juta dan Rp769 juta berstatus off-the-road, lebih murah dari versi CBU yang sebelumnya dijual Rp660 juta dan Rp865 juta.

Model-model ikonik itu akan dirakit lokal di BMW Group Production Network 2, PT Gaya Motor, Sunter, Jakarta Utara.

Presiden Direktur BMW Group Indonesia, Ramesh Divyanathan, mengatakan pihaknya terus meningkatkan proses perakitan dalam negeri guna mencapai pertumbuhan bisnis berkelanjutan karena Indonesia merupakan pasar yang penting dalam strategi itu. Ia memastikan Mini memiliki potensi yang besar dalam jangka waktu menengah maupun jangka panjang di Tanah Air.

"Inilah salah satu alasan Mini Indonesia memutuskan untuk merakit New MINI Countryman secara lokal. Sejak diperkenalkan enam tahun yang lalu, Mini mengalami pertumbuhan fantastis di Indonesia," kata Ramesh Divyanathan di Sunter, Jakarta Utara, Kamis.

Ramesh memastikan bahwa kualitas Mini rakitan Indonesia setara dengan produk Mini secara global.

"Di mana pelanggan Mini akan mendapatkan kendaraan berkualitas-tinggi dengan harga yang kompetitif dan waktu pengiriman yang lebih cepat," kata Ramesh Divyanathan.

New Mini Countryman merupakan model Mini berukuran terbesar dalam jajaran produk mereka, yang menawarkan ragam fitur baru yang paling komprehensif di antara semua model Mini, termasuk inovasi tata ruang, fungsi, desain, dan karakteristik premium.

Mobil ini merupkanan kendaraan di segmen kompak premium satu-satunya yang dirakit secara lokal di Indonesia untuk saat ini.

"Investasi tambahan telah dilakukan bersama dengan mitra strategis kami, yaitu PT Gaya Motor dan PT Tjahja Sakti Motor, untuk merakit New MINI Countryman di Indonesia. Selain itu, inisiatif ini juga memungkinkan transfer teknologi, yang memiliki dampak positif pada perkembangan industri otomotif di Indonesia,” tambah Ramesh.

Baca juga: Penjualan MINI Indonesia diklaim terbesar di MINI Asia

Presiden Direktur PT Gaya Motor, Ary Mariano, mengatakan bahwa proses perakitan Mini di pabrik Sunter sama dengan cara mobil itu dirakit di negara lain, sehingga menawarkan kualitas berstandar global.

"Kegiatan ini tunjukkan kemampuan PT Gaya Motor dalam merakit kendaraan, menjamin pengendalian kualitas, dan memastikan manajemen sumber daya yang efektif dalam kegiatan produksi New MINI Countryman. Ini tentunya merupakan sejarah baru untuk PT Gaya Motor maupun industri otomotif di Indonesia secara keseluruhan," katanya Ary.

Adapun Kepala Mini Asia, Kidd Yam, yang turut hadir di pabrik itu menjelaskan bahwa dua varian itu hadir dengan fitur John Cooper Works Aerodynamic Kit, Mini Head-Up Display, Parking Assistant dengan rear-view camera, Harman Kardon 12-Loudspeaker HiFi System, dan John Cooper Works Course Velg 19 Inci Spoke 2-Tone yang memperkuat nuansa sporty.

Kehadiran dua varian Mini rakitan lokal menambah jajaran produk BMW Group Indonesia yang dirakit di dalam negeri antara lain  BMW X1, X3, X5, Seri 3, Seri 7, dan Seri 5.

Baca juga: MINI hadirkan Countryman rakitan Indonesia

Baca juga: BMW bentuk usaha patungan untuk produksi Mini listrik di China
Pewarta:
Editor: Suryanto
Copyright © ANTARA 2018