London (ANTARA News) - Kedutaan Besar RI di Paris mengunjukkan tema budaya Ranah Minang dalam ajang promosi perdagangan, pariwisata, dan investasi bertajuk Festival Colourful Indonesia (FCI) 2018 yang akan berlangsung 22 sampai 23 September.

Penyanyi Elly Kasim dan perwakilan dari Institut Seni Indonesia (ISI) Padang Panjang akan tampil dalam acara di Pavillon Dauphine, Paris, yang juga meliputi pameran Maison Indonesienne atau Rumah Indonesia.

Rumah Indonesia akan menampilkan desain interior rumah tradisional di Indonesia, membawa nuansa dan rasa rumah tradisional di Indonesia kepada para pengungjung menurut keterangan tertulis Fungsi Penerangan Sosial dan Budaya KBRI Paris, Rabu.

Bekerja sama dengan Indonesia Diaspora Network France, KBRI Paris juga mempromosikan kuliner Indonesia dalam bazar makanan dan produk Indonesia, serta demo dan lokakarya memasak makanan Indonesia bersama jurumasak Degan Septoadji.

Selain itu, guna memfasilitasi para pelaku bisnis, KBRI Paris mengatakan France Business Forum yang akan memberikan kesempatan kepada perwakilan Indonesia Investment Promotion Center (IIPC) London berusaha menjaring investor Prancis lewat pemaparan mengenai fasilitas dan kemudahan berinvestasi di Indonesia.

Bisnis Forum Indonesia-Prancis akan meliputi pertemuan bisnis pengusaha Prancis dan Indonesia yang melibatkan lebih dari dua puluh perusahaan Indonesia di bidang farmasi, argoindustri, serta wisata. Khususnya untuk mendukung peningkatan ekspor kopi spesialti Indonesia, Badan Ekonomi Kreatif (Bekraf) mengajak lima pengusaha kopi spesialti mengikuti ajang itu.

Selama FCI 2018, pemerintah juga akan mengampanyekan produk kelapa sawit Indonesia dengan dukungan Badan Pengelola Dana Perkebunan (BPDP) Kelapa Sawit, antara lain dengan menyajikan data dan fakta mengenai perkebunan dan produksi produk turunan minyak kelapa sawit.

KBRI Paris menggelar FCI 2018 dengan dukungan Indonesia Diaspora Network France, BPDP Kelapa Sawit, Gebu Minang, Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, Kementerian Perdagangan, Badan Ekonomi Kreatif, Singapore Airlines, Garuda Indonesia, Teh Botol Sosro, Mayora, serta Garuda Indonesia Holiday France.

Baca juga:
Indonesia kembali gelar promosi pariwisata terbesar di Inggris
Indonesia promosi kopi di Qatar

 

Pewarta: Zeynita Gibbons
Editor: Maryati
Copyright © ANTARA 2018