Pneumonia, alasan baru untuk tidak mengupil

id Pneumonia

Pneumonia, alasan baru untuk tidak mengupil

Ilustrasi (Pixabay)

Jakarta (ANTARA News) - Banyak orangtua bingung mencari cara menghentikan kebiasaan anaknya yang gemar mengupil, tapi kali ini ada argumen kuat untuk menghalau kebiasaan itu: mengupil bisa membuat Anda tertular pneumonia.

Pneumococcus, bakteri penyebab pneumonia --kondisi paru-paru yang mematikan bila tidak diobati-- tersebar melalui udara, sering juga dari batuk atau bersin orang yang terinfeksi.

Dikutip AFP, ilmuwan Inggris telah membuktikan untuk pertama kalinya bahwa bakteri penyebab penyakit itu bisa menular secara manual lewat hidung dan tangan.

Dalam percobaan, hasilnya dipublikasikan di Jurnal Respiratori Eropa, bakteri itu ditempelkan di tangan sekelompok relawan dewasa.

Mereka diminta untuk meniru gerakan-gerakan standard ketika orang sedang mengupil.

"Studi ini menunjukkan tangan bisa menyebarkan bakteria dan benda seperti handphone atau mainan anak juga bisa membantu menyebarkan bakteria," kata Victoria Connor, peneliti Liverpool School of Tropical Medicine dan Royal Liverpool Hospital pada AFP.

Setiap tahun, pneumonia jadi penyebab kematian 1,3 juta bayi di bawah usia lima tahun. Meski penelitian ini dilakukan pada orang dewasa, kata Connor, hasilnya lebih ditujukan untuk orangtua dari anak yang masih belia.

"Mungkin tidak realistis untuk meminta anak berhenti mengupil dan menggosok hidung mereka," ujar dia.

"Tapi untuk orangtua...memastikan kebersihan tangan dan membersihkan permukaan mainan akan mengurangi risiko penularan, juga mengurangi risiko infeksi seperti pneumonia."

Pewarta : Nanien Yuniar
Editor: Fitri Supratiwi
COPYRIGHT © ANTARA 2018

Komentar