Jakarta (ANTARA News) – Profesor psikiatri dan ilmu biobehavioral Brain Research Insitute University of California, Los Angeles Gary Small mengatakan sebaiknya persiapan dimulai dari usia 40 hingga 45 tahun jika ingin menua dengan sehat, caranya di antaranya adalah dengan memperbaiki pola makan.

“Memasuki usia 40 tahun, kita mulai mengetahui tanda-tanda menua. Misalnya saja, luka tidak cepat pulih, rambut berubah warna, dan sebagainya. Muncul pula penyakit-penyakit lain, seperti tekanan darah tinggi atau obesitas,” kata Gary saat berbincang dalam acara survei Herbalife Nutrition “2018 Asia Pacific Healthy Aging Survey” di Jakarta, Selasa.

Obesitas menjadi salah satu hal yang patut diwaspadai di usia 40 tahunan. 

“Obesitas itu dipicu oleh stres dan pola makan. Dampak buruk dari obesitas adalah mempercepat penurunan fungsi otak dan  jantung,” ujar Gary. 

Oleh karena itu, mereka yang berada pada usia ini harus memerhatikan pola makan yang benar.

“Konsumsilah minyak ikan. Sebab, minyak ikan ini berkontribusi dalam mengatasi radang dalam tubuh kita. Dan kita dapat menua dengan sehat,” imbuh Gary. 

Selain itu, sarannya, penting pula untuk mengonsumsi buah dan sayur 

“Buah dan sayuran itu mengandung banyak antioksidan. Dan antioksidan ini berguna untuk mengatasi stres,” ujarnya. 

Gary mengingatkan dengan tegas,“Hindari mengonsumsi banyak gula karena hal itu tidak baik bagi kesehatan jantung dan otak.”

Baca juga: Survei: mayoritas orang Indonesia ingin menua dengan sehat

Baca juga: Kajian baru tegaskan minuman yang berpemanis-gula terkait kegemukan
 

Pewarta: Anggarini Paramita
Editor: Ida Nurcahyani
Copyright © ANTARA 2018