Jakarta (ANTARA News) - BPJS Ketenagakerjaan Kantor Cabang Mangga Dua rutin melakukan kegiatan "Jum’at Barokah" di setiap hari Jum’at. Karyawan berpartisipasi dengan melakukan patungan untuk membayarkan iuran para pekerja di wilayah Pademangan dan sekitarnya agar terlindungi program BPJS Ketenagakerjaan

“Di kantor kita ada kegiatan Jum’at Barokah yang rutin kita lakukan. Kita mengumpulkan uang patungan sukarela dari semua karyawan kemudian kita mencari warga ataupun pekerja yang terdekat dari kita untuk kita lindungi dengan program BPJS Ketenagakerjaan,” kata Indra Iswanto selaku Kepala Kantor Cabang Mangga Dua, ketika ditemui, Kamis.

“Uang patungan tersebut bisa digunakan untuk melindungi peserta atau pekerja yang berada di sekitar kantor kita. Ada marbot masjid, pedagang-pedagang di sekitar sini, macam-macamlah. Kita bayarkan paling enggak tiga bulan,” tambah Indra.

Kegiatan Jumat Barokah sudah berjalan selama enam bulan, dan untuk di wilayah DKI Jakarta baru Kantor Cabang Mangga Dua yang melakukan kegiatan tersebut. Menurut Indra, kegiatan tersebut murni keikhlasan dari karyawan Kantor Cabang Mangga Dua untuk berbagi dengan sesama, terutama pekerja.

"Patungan untuk Jum’at Barokah ini seikhlasnya, enggak dipatok berapa, dan enggak diwajibkan. Dari total 30 karyawan kadang terkumpul 300 ribu, kadang 500 ribu, pernah dapat 700 ribu,” ujar Indra

“Ini kan sebenarnya sedekah dalam bentuk lain, ini bisa  dikatakan sedekah dalam bentuk perlindungan,” ucapnya.

Selain membantu para pekerja di sekitar untuk mendapat perlindungan dari BPJS Ketenagakerjaan, hasil patungan tersebut juga disalurkan pada kegiatan sosial lain.

“Jum’at Barokah juga bisa kita gunakan untuk mengecat masjid atau membersihkan masjid. Selain itu kita juga mengadakan pengajian bersama anak yatim minimal 3 kali dalam setahun ,” jelas Indra.

Dengan adanya kegiatan tersebut, hubungan dan komunikasi dengan masjid-masjid dan panti asuhan di sekitar wilayah operasional Kantor Cabang Mangga Dua terjalin dengan baik.

“Hubungan kita cukup dekat dengan masjid dan panti asuhan di daerah sini, Masjid juga suka menghubungi kita kalo misalkan butuh bantuan misal untuk mengecat atau ada kegiatan masjid,” ucap Aty Rochmawati selaku Kepala Bidang Umum dan SDM Kantor Cabang Mangga Dua.

“Kalau untuk anak yatim piatu di Panti Asuhan biasanya kita bantu dengan membelikan peralatan sekolah. Apalagi di bulan puasa kemarin kami lebih sering melakukan kegiatan sosial, biasanya buka bersama anak panti,” jelasnya.


Penulis Yoga Satrianto*
(pewarta magang LPJA-BPJS Ketenagakerjaan)


Baca juga: BPJS Ketenagakerjaan berkomitmen lindungi seluruh ojek online

Baca juga: Ramah lingkungan, pelayanan BPJS Ketenagakerjaan Gambir gunakan sepeda

Pewarta: Antara
Editor: Monalisa
Copyright © ANTARA 2018