Jakarta (ANTARA News) - Wakil Presiden Jusuf Kalla menghadiri resepsi ulang tahun Kaisar Jepang Akihito ke-85 tahun di Hotel Mulia Senayan, Jakarta, Kamis malam.

Wapres Kalla berharap Kaisar Akihito dan keluarganya selalu diberi kesehatan dan kebijaksanaan dalam memimpin rakyat Jepang hingga menuju ke negara yang lebih makmur.

Wapres juga menyampaikan penghargaan atas terjalinnya hubungan Indonesia-Jepang yang telah berlangsung dengan baik selama 60 tahun dan akan terus meningkat.

“Dalam kesempatan ini, saya ingin menyampaikan penghargaan saya kepada Pemerintah dan masyarakat Jepang atas persahabatan dan kerja sama yang telah kami nikmati selama beberapa dekade,” kata Wapres JK dalam sambutannya di Jakarta, Kamis malam.

Wapres juga menyampaikan ucapan terima kasih atas donasi yang diberikan Pemerintah dan masyarakat Jepang untuk para korban gempa bumi, tsunami dan likuefaksi di Sulawesi Tengah.

Dengan meningkatnya hubungan bilateral kedua negara tersebut, Wapres berharap Jepang dapat terus mengikatkan kerja sama dengan Indonesia.

“Persahanatan dan hubungan bilateral antara Indonesia dan Jepang telah semakin kuat beberapa tahun terakhir ini, antara lain ditunjukkan oleh peningkatan perdagangan bilateral kita. Saya berharap Jepang tetap teguh dalam upaya kami dalam membangun hubungan yang saling menguntungkan,” ujar Kalla.

Sementara itu, Duta Besar Jepang untuk RI Ishii sangat berterima kasih atas kehadiran Wapres Kalla dalam perayaan tersebut.

Meskipun kehadiran JK malam ini merupakan yang terakhir kalinya sebagai Wapres, Dubes Ishii mengatakan Pemerintah Jepang akan terus mengundang JK sebagai tamu kehormatan dalam acara Hari Nasional Jepang tersebut.

“Meskipun ini mungkin adalah kesempatan terakhir untuk menerima anda sebagai Wakil Presiden, tetapi kami akan terus mengundang anda di masa depan apapun jabatan anda, kecuali dan sampai anda meminta kami berhenti mengganggu anda,” ujar Dubes Ishii.

Dubes Ishii mengatakan perayaan HUT Akihito tahun ini akan menjadi resepsi yang terakhir sebagai Kaisar, karena Akihito akan turun tahta dan digantikan oleh Putra Mahkota Naruhito. Nantinya, HUT Naruhito akan dirayakan di bulan Februari setiap tahunnya. 

“Ini adalah perayaan ulang tahun terakhir Yang Mulia sebagai Kaisar tahun ini, karena Yang Mulia akan turun tahta di musim semi yang akan datang. Dan Yang Mulia Putra Mahkota Naruhito akan menjadi Kaisar yang baru,” ujarnya.

Baca juga: Wapres hadiri perayaan HUT Kaisar Jepang

Baca juga: Wapres sampaikan selamat HUT untuk Kaisar Jepang


Pewarta: Fransiska Ninditya
Editor: Ruslan Burhani
Copyright © ANTARA 2018