Bengkalis, Riau  (ANTARA News) - Politeknik Bengkalis (Polbeng) Provinsi Riau kembali meraih juara best design kategori Fuel Engine Remote Control (FERC) dalam ajang Kontes Kapal Cepat Tak Berawak Nasional (KKCTBN) tingkat nasional yang dilaksanakan di Politeknik Negeri Madura, Jawa Timur.

"Polbeng mengalahkan 15 kompetitor di kategori yang sama dari seluruhnya 45 peserta yang mengikuti kompetisi ini di Politeknik Negeri Madura, pada 17-20 November 2018," kata Ketua tim pembimbing Polbeng Edy Haryanto, di Bengkalis, Kamis.

Ia mengatakan tim Polbeng beranggotakan tiga mahasiswa Jurusan Teknik Perkapalan, Yogi Pratama Lubis, Jakaria dan Renaldy Fernanda, yang turun bersama 45 tim dari 25 perguruan tinggi yang ada di Indonesia.

"Polbeng mengutus sebanyak dua tim dan ambil bagian untuk dua kategori lomba, yakni tim ASME 1722 untuk kategori Electrical Remote Control (ERC) dan tim Kurau RC untuk kategori Fuel Engine Remote Control (FERC)," kata Edy Haryanto.

Untuk persiapan tim Polbeng menyiapkan diri lebih kurang 15 hari. Kendala yang dihadapi saat persiapan terutama pada sistem penggerak kapal yang sering bermasalah antara remote control dengan koneksi sistem di kapal.

"Meskipun demikian, tim tetap mampu menyelesaikan kendala dan berkompetisi dalam ajang tersebut serta mengharumkan nama Polbeng di tingkat nasional," katanya

Untuk target selanjutnya tidak hanya meraih "best design" tapi juga dapat juara pada dua kategori yang diikuti yakni kategori Electric remote control-ERC dan Fuel Engine remote control-FERC pada perlombaan drag speed dan manuver.

Ia menambahkan untuk mengikuti perlombaan dilalui melalui berbagai tahapan yakni tahap proses kontes mulai dari seleksi tahap pertama proposal, seleksi tahap dua progres pembuatan model dan "sea trial" dan seleksi interview tentang desain dan model.

Ditambahkannya, prestasi yang diraih untuk tingkat nasional ini merupakan kedua kalinya.

Sebelumnya Polbeng juga berhasil meraih juara desain dan teknologi terbaik mobil listrik dalam ajang bergengsi tahunan yang digelar Politeknik Negeri Bandung (Polban) 14 hingga 17 November 2018.

Baca juga: ITS kembangkan kapal listrik
Baca juga: Penguasaan teknologi perkuat kemaritiman Indonesia
 

Pewarta: Alfisnardo
Editor: Dewanti Lestari
Copyright © ANTARA 2018