Medan (ANTARA News) - Ketua Umum DPP PDI Perjuangan Megawati Soekarnoputri dan Presiden Joko Widodo akan diberi oleh-oleh ikan asin dan terasi yang didapat dari kunjungan ke Pusat Pasar Medan.

"Ini oleh-oleh untuk Ibu Megawati, Pak Jokowi dan Kiai Ma'ruf. Pak Jokowi suka ikan asin karena dia berasal dari rakyat biasa yang suka akan makanan setempat," kata Ketua DPP PDI Perjuangan, Djarot S Hidayat, di Pusat Pasar Medan, Medan, Sabtu.

Datang ke pasar untuk melihat-lihat aktivitas pasar itu merupakan rangkaian kegiatan Safari Kebangsaan III di Sumatera Utara.

Saat memasuki pasar, sejumlah pedagang yang kebanyakan merupakan ibu-ibu memanggil nama Djarot, mengajak bersalaman dan berswafoto.

Selain membeli oleh-oleh, Djarot pun membeli kopi Sidikalang, sementara Sekretaris Jenderal DPP PDI Perjuangan, Hasto Kristiyanto, berbelanja sejumlah ikan kering, di antaranya teri Medan, ikan asap atau ikan sale, dan terasi.

Djarot mengatakan, salah satu keberhasilan Jokowi adalah merenovasi pasar tradisional sehingga pedagang bisa masuk tanpa dikenakan sewa. Saat menjadi gubernur Jakarta, kata Djarot, Jokowi aktif merenovasi pasar-pasar tradisional.

"Ini akan diteruskan untuk menjadi komitmen Pak Jokowi untuk mengatur ekonomi kerakyatan dengan membangun pasar-pasar tradisional yang bersih, aman, tenang,m dan tidak bau," kata Djarot.

Baca juga: Hasto dan Djarot coba masak mie balap di Medan

Baca juga: Ibu-ibu diminta sosialisasikan program Jokowi dari pintu ke pintu

Baca juga: Safari Kebangsaan III kunjungi 12 daerah di Sumut

Pewarta: Dyah Dwi Astuti
Editor: Ade P Marboen
Copyright © ANTARA 2018