Kamar jenazah diperbaiki, ruang 'laundry' juga direhabilitasi. Rumah sakit juga sedang mempersiapkan akreditasi paripurna, karena itu salah satu syarat dalam memberikan pelayanan kesehatan kepada peserta PON
Jayapura, (ANTARA News) - Manajemen Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Kabupaten Merauke, Provinsi Papua terus berbenah, mulai dari membangun gedung baru hingga persiapan akreditasi guna menghadapi Pekan Olahraga Nasional (PON) XX tahun 2020.

Kepala Seksi Pelayanan Medis dan Penunjang Medis RSUD Merauke, Ida Tukayo ketika dikonfirmasi dari Jayapura, Minggu mengemukakan kini pihaknya sementara membangun beberapa gedung baru guna kesiapan menghadapi PON.

Beberapa gedung baru yang dibangun itu di antaranya bangunan farmasi, bangunan ruang penyakit dalam, ruang infeksi, dan ruang gizi serta kamar jenazah.

Pembangunannya kini sedang berjalan dan ditargetkan pengerjaannya selesai pada 2019. Untuk ruang penyakit dalam dan ruang infeksi masing masing dua lantai. Sedangkan bangunan ruang gizi satu lantai.

"Kamar jenazah diperbaiki, ruang 'laundry' juga direhabilitasi. Rumah sakit juga sedang mempersiapkan akreditasi paripurna, karena itu salah satu syarat dalam memberikan pelayanan kesehatan kepada peserta PON," ujarnya.

Dia mengatakan, untuk persyaratan akreditasi sudah diverifikasi oleh tim akreditasi dari Dinas Kesehatan Provinsi Papua.

Sementara menyangkut tenaga, kata dia, cukup memadai. Hingga kini tenaga dokter spesialis sudah lebih dari 20 orang di antaranya dokter spesialis beda dan spesialis ortopedi.

Hal serupa juga disampaikan Ester Reri, Kepala Ruangan VIP RSUD Merauke. Menurut dia, kini RSUD Merauke memiliki 15 kamar VIP. Belasan kamar VIP ini baru tiga tahun lalu direnovasi.

Baca juga: Malaria Center dukung Papua sambut PON 2020

Baca juga: Delegasi PON disiapkan penganan lokal di Papua

Baca juga: Nanas Bokondini Tolikara disiapkan jadi minuman kemasan PON XX

Pewarta: Musa Abubar
Editor: Andi Jauhary
Copyright © ANTARA 2018