Jakarta (ANTARA News) - Perenang AS Missy Franklin yang meraup empat medali emas pada usia 17 tahun dan menjadi bintang selama penyelenggaraan Olimpiade 2012 London, secara resmi mengumumkan pensiun dari kompetisi renang akibat cedera.

Franklin sebelumnya sudah diprediksi akan mendominasi kolam renang sebagaimana yang dilakukan rekan senegaranya Michael Phelps saat tampil di Olimpiade 2012 London, dimana ia menjadi wanita pertama AS yang mampu meraih empat emas di satu Olimpiade.

Prediksi tersebut ternyata menjadi nyata di  Kejuaraan Dunia Renang 2013 ketika ia berhasil menambang enam medali emas. 

Namun cedera menghentikannya untuk berkiprah lebih jauh dan kemudian ia hanya mampu meraih satu emas di Olimpiade Rio 2016 di nomor 4x200 meter gaya bebas estafet.

Franklin yang saat ini baru berusia 23 tahun, menyatakan bahwa rangkaian cedera memaksanya untuk mengundurkan dari.

"Sudah lama sebenarnya saya ingin menyampaikan pernyataan pengunduran ini. Sekarang saya siap, saya menyatakan mengundurkan diri," kata seperti dikutip ESPN.

"Sekarang saya siap untuk menjadi seorang istri, menjadi ibu. Saya siap untuk terus berkembang setiap hari dan menjadi contoh yang baik sebisa saya. Saya siap untuk istirahat sepanjang hidup saya," katanya.

Dalam suratnya, Franklin mengatakan bahwa bisa menjalani hari-hari berat selama delapan hari di Olimpiade 2016 Rio adalah pencapaian terbaik sepanjang karirnya, mengingat ketika itu harus menjalani latihan fisik dan tekanan mental sangat berat.

"Saya selalu terbuka tentang apa yang saya alami ketika bersiap menghadapi Olimpiade 2016, dan berbicara secara terbuka mengenai perjuangan yang harus hadapi, termasuk soal kesakitan karena cedera bahu  setiap kali saya latihan atau bertanding, atau depresi, kecemasan dan insomina," tulis Franklin.

"Pada tahun itu pulalah, saya mulai benar-benar menerima sepenuhnya kenyataan bahwa ada sesuatu yang salah dengan tubuh saya, sehingga saya tidak seharusnya memaksakan diri."

Baca juga: Missy Franklin ratu renang baru dunia

Baca juga: Pangeran Harry rayakan ulang tahun Missy Franklin

 

Pewarta: Atman Ahdiat
Editor: Irwan Suhirwandi
Copyright © ANTARA 2018