Tidak mungkin KAI akan menambah kereta tambahan, kalau tidak ada slot
Jakarta (ANTARA News) - Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi memastikan jadwal keberangkatan dan kedatangan kereta reguler di stasiun tidak terganggu perjalanan kereta tambahan selama libur Natal 2018 dan Tahun Baru 2019.

"KAI akan secara rinci minta ke Kemenhub untuk bisa menambah jadwal dan setelah itu Kemenhub akan melihat apakah masih ada slot atau tidak. Jadi, tidak mungkin KAI akan menambah kereta tambahan kalau tidak ada slot," katanya kepada pers di Stasiun Pasar Senen, Jakarta, Jumat.

Dia mengatakan kondisi jalur kereta api di Jakarta memang padat karena selain dilalui kereta jarak jauh, juga perjalanan kereta komuter yang cukup banyak setiap hari.

Akibatnya, katanya, jalur kereta api di Jakarta ramai dan banyak kereta yang harus bergantian untuk melintas. sehingga membutuhkan waktu menunggu lebih lama.

Untuk itu, kata Menhub, pemerintah telah menambah jalur kereta di Stasiun Manggarai, sehingga nanti akan ada jalur khusus untuk kereta jarak jauh dan kereta komuter.

Melihat padatnya jalur kereta api dari dan menuju Jakarta, Menhub meminta kembali PT KAI untuk rutin melakukan pemeriksaan kelaikan kereta (ramp check) agar tidak bermasalah saat beroperasi.

"Sebab, kalau satu kereta ada bermasalah saat beroperasi, maka rentetan kereta api yang di belakang dan di depan akan bermasalah juga," kata Budi Karya.

Menghadapi angkutan Natal 2018 dan Tahun Baru 2019, PT Kereta Api Indonesia (Persero) menetapkan angkutan selama 18 hari, yakni dari 20 Desember 2018 hingga 6 Januari 2019.

Dari aspek sarana KA, pada 2018, KAI menyiagakan 444 unit lokomotif dan satu unit lokomotif cadangan, serta 1.637 unit kereta dan 218 unit kereta cadangan.

Sementara untuk jumlah KA, pada 2018, KAI menyiapkan 346 perjalanan KA reguler serta 48 perjalanan KA tambahan untuk melayani masyarakat yang ingin menggunakan jasa KA pada masa liburan akhir tahun kali ini.

Sehingga. total jumlah KA yang siap melayani masyarakat pada masa angkutan Nataru kali ini adalah 394 perjalanan KA.

Jumlah ini meningkat lima persen dibanding masa angkutan Nataru tahun lalu, yakni sebesar 375 perjalanan KA (335 KA reguler dan 40 KA tambahan).

Baca juga: Menhub nilai KAI siap hadapi liburan Nataru
Baca juga: Menhub minta KAI antisipasi puncak Natal-Tahun Baru

 

Pewarta: Ahmad Wijaya
Editor: Kelik Dewanto
Copyright © ANTARA 2018