Padang (ANTARA News) - Warga Sumatera Barat akan mengirim bantuan rendang untuk korban tsunami Selat Sunda di Lampung dan Banten lewat jalur darat pada Sabtu (28/12), kata Kepala Pelaksana Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) setempat, E Rahman.

"Hingga hari ini kita masih dalam proses mengumpulkan dan pengemasan. Distribusi kemungkinan paling cepat besok (Jumat)," katanya di Padang, Kamis.

Rahman mengatakan warga menggalang bantuan rendang hingga 1,2 ton untuk korban tsunami Selat Sunda dan saat ini sumbangan rendang dari warga dan Organisasi Perangkat Daerah (OPD) setempat yang terkumpul baru sekitar 400 kilogram.

"Kemungkinan sore ini seluruhnya sudah terkumpul di kantor BPBD sehingga bisa dikemas dalam bungkusan setengah kilogram," katanya.

BPBD mengemas randang dalam bungkusan-bungkusan kecil untuk memudahkan pembagian makanan ke pengungsi.

"Sejak awal kita telah melakukan pengemasan dengan bungkusan kecil agar nanti tidak menyulitkan petugas di lapangan," kata Rahman.

Kepala Biro Humas Sekretariat Provinsi Sumatera Barat Jasman menyatakan pengumpulan rendang untuk membantu korban bencana telah menjadi gerakan sosial.

Warga dan aparat Sumatera Barat sebelumnya juga mengirimkan bantuan rendang untuk korban gempa di Aceh, Nusa Tenggara Barat, serta Palu dan Donggala di Sulawesi Tengah.

Baca juga:
PMI Bukittinggi akan kirim satu ton rendang ke Lombok
Dinas Kesehatan Pandeglang salurkan dua ton biskuit untuk anak korban tsunami

 

Pewarta: Miko Elfisha
Editor: Maryati
Copyright © ANTARA 2018