Rekayasa lalu lintas tersebut bertujuan untuk mengurai kepadatan arus kendaraan wisatawan yang hendak berwisata ke Pantai Parangtritis saat libur akhir tahun, baik menjelang maupun saat libur Tahun Baru 2019
Bantul, Yogyakarta (ANTARA News) - Dinas Perhubungan Kabupaten Bantul, Daerah Istimewa Yogyakarta akan menyiapkan rekayasa lalu lintas di sepanjang Jalan Parangtritis atau jalur menuju wisata Pantai Parangtritis pada libur akhir tahun 2018.

"Rekayasa lalu lintas di Jalan Parangtritis kita terapkan seperti biasa, seandainya pada Tahun Baru lalu lintas macet dari sempalan (simpang tiga) Pundong kita arahkan belok kiri," kata Kepala Dinas Perhubungan Bantul Aris Suharyanta di Bantul, Kamis.

Menurut dia, rekayasa lalu lintas tersebut bertujuan untuk mengurai kepadatan arus kendaraan wisatawan yang hendak berwisata ke Pantai Parangtritis saat libur akhir tahun, baik menjelang maupun saat libur Tahun Baru 2019.

Ia mengatakan, arus kendaraan yang diarahkan melalui sempalan Pundong ke timur nantinya akan sampai pada pertigaan selatan jembatan Kretek, Jalan Parangtritis di utara gerbang masuk wisata atau Tempat Pemungutan Retribusi (TPR) Parangtritis.

"Petunjuk arah di sempalan Pundong sudah disiapkan dengan lengkap, seperti tahun 2017 begitu kondisi macet kita pasangi, dari sempalan Pundong ke kiri dan tembusnya selatan jembatan Kretek," katanya.

Rekayasa lalu lintas itu, kata dia, juga sebagai upaya mengurangi penumpukan kendaraan wisatawan di atas jembatan dalam waktu lama karena antrean dan kemacetan, guna menjaga konstruksi bangunan diatas aliran Sungai Opak.

Ia juga mengatakan, di setiap titik ruas Jalan Parangtritis akan disiagakan personel Dishub guna membantu mengatur dan mengondisikan kepadatan arus, sebab di tiap persimpangan APILL (Alat Pemberi Isyarat Lalu Lintas)  jika diperlukan tidak difungsikan.

"Kita juga menyiapkan Pospam (Pos Pengamanan) gabungan dengan Polres Bantul di wilayah TPR Parangtritis dan Pos Pantau di Gabusan (Jalan Parangtritis), selain itu di jalur wisata Imogiri-Mangunan juga ada Pospam," katanya.

Baca juga: Polres antisipasi penumpukan kendaraan di jembatan Kretek

Baca juga: Yogyakarta siap kembangkan wisata malam Parangtritis

Pewarta: Hery Sidik
Editor: Andi Jauhary
Copyright © ANTARA 2018