Dewan Masjid Indonesia tegaskan tidak terlibat aktivitas politik

id DMI

Dewan Masjid Indonesia tegaskan tidak terlibat aktivitas politik

Wakil Ketua Umum Pengurus Pusat Dewan Masjid Indonesia (DMI) sekaligus Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Menpan RB) Syafruddin (kanan) berbincang dengan Gubernur Kalbar Sutarmidji (kiri) saat pelantikan pengurus PW DMI Kalbar periode 2018-2023 di Kabupaten Kubu Raya, Kalbar, Selasa (18/12/2018). Dalam kegiatan bertajuk penguatan program DMI mewujudkan masjid sebagai pusat peradaban umat tersebut, Syafruddin menyatakan bahwa tidak ada masjid di Indonesia yang dijadikan tempat doktrin aliran radikalisme. ANTARA FOTO/Jessica Helena Wuysang/hp.

Jakarta (ANTARA News) - Wakil Ketua Umum Pengurus Pusat Dewan Masjid Indonesia (PP DMI) Syafruddin menegaskan DMI merupakan organisasi independen dan tidak terlibat aktivitas politik. 

"Sehubungan dengan beredarnya Buletin Dakwah DMI Cabang Ciracas dengan tema 'Tahun Semangat Baru Untuk Pemimpin Baru', kami menyatakan DMI adalah organisasi independen yang tidak terkait dan tidak terlibat dalam aktivitas politik," ujar Syafruddin di Jakarta, Jumat. 

Dia mengatakan visi DMI jelas untuk “Memakmurkan dan Dimakmurkan Masjid”, sehingga segala upaya yang dilakukan DMI hanya dalam konteks visi tersebut. 

Dia menekankan DMI bergerak agar terjadi sinergi dan keseimbangan antara tiga hal yakni fisik masjid, pengurus dan jamaah. 

Masjid tak boleh ditunggangi oleh kepentingan politik manapun.

Menurutnya, Buletin Dakwah DMI Cabang Ciracas tersebut tidak mencerminkan Visi, Misi, maupun pandangan DMI, tetapi merupakan pikiran dari oknum yang mencoba menunggangi Dewan Masjid Indonesia untuk kepentingan pribadi dan politik. 

"DMI tidak menolerir hal tersebut dan sedang menempuh langkah penertiban menegakkan disiplin organisasi DMI dan konsolidasi secara internal agar kejadian dan kecolongan serupa tidak terjadi di masa-masa mendatang," jelasnya.

Baca juga: Arab Saudi akan bantu bangun masjid di Palu-Donggala
Baca juga: Wapres harapkan sinergi kuatkan keberadaan masjid

 

Pewarta : Rangga Pandu Asmara Jingga
Editor: Edy Sujatmiko
COPYRIGHT © ANTARA

Komentar