Jakarta (ANTARA News) - Presiden Joko Widodo memposting foto diri dengan menggunakan busana adat Jawa (Solo) model beskap berwarna hitam lengkap dengan blangkon bermotif batik menjelang digelarnya debat capres putaran pertama pada Kamis malam.

Dalam akun Facebook resminya, capres petahana Joko Widodo (Jokowi) pada Kamis sekitar pukul 10.45 WIB memposting foto tersebut dengan latar bendera merah putih.

Ia melengkapi postingannya dengan status singkat terkait sifat-sifat hati.

"Selamat siang. Segala sifat keras hati, picik, dan angkara murka hanya bisa dikalahkan dengan sikap bijak, lembut, dan sabar," tulisnya.

Postingan tersebut tampak ingin memperlihatkan kesiapannya dalam menghadapi debat capres putaran pertama yang akan digelar dalam beberapa jam ke depan.

Postingan foto itu hanya dalam beberapa menit disukai oleh 34.100 followernya dan mendapatkan berbagai komentar dari sekitar 4.100 dan dishare oleh 3.200 akun.

Malam sebelumnya, Jokowi bersama cawapresnya KH Ma'ruf Amin telah memantapkan persiapan dan evaluasi bersama timnya dalam menghadapi debat capres di Djakarta Theatre, Rabu malam (16/1).

Selama 2,5 jam melakukan pertemuan dan simulasi, Jokowi keluar gedung didampingi penasihat hukumnya dan berujar persiapan debat sudah mantul (mantap betul).

Jokowi sejak awal memang tampak tidak ingin bicara blak-blakan soal persiapannya menghadapi debat.

Bahkan termasuk pertanyaan sederhana terkait pemilihan kostum, awalnya ia menjawab akan menggunakan kemeja tenun.

Namun, saat ditanyakan kembali oleh wartawan soal pemilihan kostumnya untuk debat pada malam harinya, Jokowi tidak lagi menjawab dengan detail.

"Ya yang jelas pakai pakaian," jawabnya sambil tertawa.

Pewarta: Hanni Sofia
Editor: Sigit Pinardi
Copyright © ANTARA 2019