Jadi kalau ada pertanyaan terkait dengan itu (hukum,  HAM dan penanggulangan terorisme),  sampaikan fakta saja, jadi tidak sulit
Jakarta (ANTARA News)  - Wakil Presiden RI periode 2014-2019 M Jusuf Kalla menyarankan pasangan Capres-Cawapres Jokowi-Ma'ruf menjawab atau memberi pernyataan dalam debat sesuai fakta yang ada.

"Debat I ini kan masalah hukum, HAM, penanggulangan terorisme, ini kan sudah dikerjakan pemerintah Pak Jokowi," kata Jusuf Kalla usai Shalat Maghrib berjamaah di Jakarta,  Kamis. 

Menurut JK yang juga menjabat Wakil Presiden RI periode 2004-2009 itu, pernyataan atau jawaban berdasar fakta akan mudah dilakukan. 

"Jadi kakau ada pertanyaan terkait dengan itu (hukum,  HAM dan penanggulangan terorisme),  sampaikan fakta saja, jadi tidak sulit," katanya. 

JK ikut dalam Shalat Maghrib berjamaah Jokowi-Ma'ruf di salah satu masjid di Jakarta. 

Jokowi-Ma'ruf menyatakan siap menghadapi Debat I pasangan Capres-Cawapres RI 2019-2024 yang akan digelar Kamis malam ini. 

"Sudah mantul, mantap betul," kata Jokowi. 

Ketika ditanya apakah ada pembagian materi atau jawaban yang nanti akan disampaikan,  Jokowi mengatakan tidak ada. 

"Ya kira-kira kalau dari saya masih kurang, nanti ditambahin oleh Pak Kiai,  ada juga yang Pak Kiai  menyampaikan semuanya pada beberapa bidang," katanya. 

Ia menyebutkan dirinya bersama Ma'ruf Amin menghadapi Debat I Pilpres 2019 dengan santai. "Kami santai santai sajalah," kata Jokowi yang mengenakan kemeja putih. 

Jokowi mengaku banyak mendapat saran dari JK terkait Debat I Capres-Cawapres 2019-2024. "Ada banyak saran, tanya saja ke Pak JK," katanya. 

Sementara itu Cawapres Ma'ruf Amin ketika ditanya persiapannya mengatakan dirinya siap membantu Capres Jokowi. 

"Saya kan nanti terima bagian limpahan dari Pak Jokowi," katanya. 

Baca juga: Capres diharapkan jaga komitmen keberagaman bangsa
Baca juga: DPD ingin debat calon presiden konstruktif

 

Pewarta: Agus Salim
Editor: Edy Sujatmiko
Copyright © ANTARA 2019