Embarkasi jamaah haji ini dibangun setara dengan hotel berbintang tiga 
 Padang (ANTARA News) - Kota Padang Sumatera Barat bakal memiliki gedung pusat embarkasi haji sebagai bagian dari rencana pengembangan pembangunan gedung baru pusat embarkasi haji di lingkungan Asrama Haji Parupuk Tabing, Kecamatan Kota Tangah.

"Sesuai keputusan dari Kementerian Agama bangunan yang dibangun setara hotel bintang tiga," kata Wali Kota Padang Mahyeldi saat menerima kedatangan Kepala Unit Pelayanan Teknis (UPT) Asrama Haji Kota Padang, Ali Amran di Padang, Jumat.

 Menurut dia dibangunnya pusat embarkasi haji di kawasan Asrama Haji Parupuk Tabing erat kaitannya dengan mempererat hubungan dengan pemerintah Arab Saudi

 "Apalagi Pemerintah Kota Padang telah  menjalin kerja sama  kota kembar  dengan Madinah," kata dia.

 Menurut wali kota dengan dibangunnya gedung pusat embarkasi haji di Kota Padang diharapkan memberikan peningkatan pelayanan ibadah haji.

 Sementara Kepala UPT Asrama Haji Kota Padang Ali Amran mengatakan sejak Maret 2015  Asrama Haji Kota Padang sudah menjadi UPT yang langsung di bawah naungan Dirjen Penyelenggara Haji dan Umrah Kemenag RI. 

 "Untuk di Sumatera, ada tiga UPT yakni Padang, Aceh dan Medan yang pembangunannya memakai konsep hotel untuk memberikan kenyamanan bagi jamaah haji,"  ujar dia.

 Ia menyampaikan untuk penambahan lokasi asrama haji perlu dilakukan revitalisasi pengembangan asrama haji dan Pemerintah Kota Padang telah bersedia memberikan aset berupa tanah yang ada di sekitar komplek asrama haji, guna untuk membangun gedung pusat embarkasi haji.

 Dengan dibangunnya pusat embarkasi haji diyakini akan menjadi pendapatan negara bukan pajak. Sehingga asrama haji bisa menghidupkan diri sendiri dan tidak menjadi beban dan tanggungan terhadap anggaran negara Kemudian bisa menyumbang untuk pendapatan negara, katanya.

 Ia mengatakan untuk Embarkasi jamaah haji yang dibangun setara dengan hotel berbintang tiga  dapat menampung 850 orang terdiri atas  75 kamar dengan kapasitas 3 orang per kamar.

 Kemudian pada 2018 dibangun 35 kamar baru dan akan dibangun kapasitas yang lebih besar untuk menampung 1.500 orang

 Pusat embarkasi haji juga  akan menguntungkan terhadap ekonomi masyarakat di sekitar karena pada saat musim haji ramai pengunjung dari berbagai provinsi, kata dia menambahkan. 

Baca juga: Asrama haji Padang selesai direnovasi akhir tahun
Baca juga: Asrama haji Padang akan setara hotel bintang tiga

Pewarta: Ikhwan Wahyudi
Editor: Dewanti Lestari
Copyright © ANTARA 2019