Jakarta (ANTARA News) - Ketua DPD RI Oesman Sapta Odang meraih penghargaan Warta Bhakti Utama karena dinilai berhasil menjadi tokoh pembuat berita yang bermanfaat bagi negara.

Dalam keterangan tertulis Bagian Pemberitaan Kesekjenan DPD RI disebutkan bahwa penghargaan itu diterima Oesman dalam acara puncak perayaan HPN 2019 yang diserahkan dihadapan Presiden Jokowi, di Convention Hall Hotel Grand City, Surabaya, Sabtu (9/2).

Oesman berharap pers Indonesia tetap mendukung dan peduli kepada ekonomi kerakyatan sehingga informasinya semakin meluas dan berdampak pada peningkatan pertumbuhan ekonomi kawasan. 

"Saya berharap pers sesuai dengan perannya bisa turut membantu agar penguatan ekonomi kerakyatan bisa terwujud sehingga bersama pemerintah kita bisa memajukan perekonomian daerah," kata Oesman Sapta.

Dia menilai kalau Indonesia mau maju dan sejahtera maka harus dimulai dari daerah yaitu dengan pembangunan dan pemberdayaan masyarakat daerah.

Menurut dia, HPN adalah kegiatan yang luar biasa, karena semua kegiatan nasional yang kita lihat tidak akan selengkap ini jika tidak ada insan pers.

"Artinya HPN ini berwibawa dan harus diapresiasi lawan juga kawan. Ke depan saya berharap nilai-nilai etik jurnalis betul-betul dipertahankan,” ujarnya.

Dia juga menyoroti masalah kabar bohong atau hoaks yang banyak beredar dan meminta masyarakat tidak mudah percaya.

Oesman sepakat dengan pernyataan Presiden Joko Widodo bahwa semakin kedepan, hoaks tidak dipercaya, artinya etik dan konten pemberitaan yang valid dan benar dari para jurnalis semakin dipercaya.

"Saya himbau di tahun politik uni sebaiknya berita-berita tidak berpihak tapi berimbang agar berita  semakin dipercaya masyarakat. Hoaks bukan dibawah pembinaan pers sehingga hal ini harus dilawan dan dikonfirmasi jika berita berpotensi hoaks," katanya.

Pewarta: Imam Budilaksono
Editor: Ruslan Burhani
Copyright © ANTARA 2019