Phnom Penh, Kamboja (ANTARA News) - Pemerintah Indonesia dan Kamboja mengadakan Pertunjukan Budaya Bersama, Indonesia-Cambodia Friendship Joint Cultural Performance untuk memperingati 60 tahun hubungan diplomatik kedua negara.

Pertunjukan budaya yang diselenggarakan atas kerja sama Kedutaan Besar Republik Indonesia (KBRI) Phnom Penh dengan Pemerintah Kerajaan Kamboja itu digelar di Chaktomuk Convention Hall di Phnom Penh pada Rabu malam.

Pertunjukan kebudayaan itu dihadiri oleh Raja Kamboja Preah Bat Samdech Preah Boromneath Norodom Sihamoni, Menteri Luar Negeri Kamboja Prak Sokhonn dan Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan RI Puan Maharani sebagai tamu kehormatan.

"Kegiatan Joint Cultural Performance yang bertujuan memperingati 60 tahun hubungan diplomatik Indonesia-Kamboja ini merupakan citra dan cerminan dari hubungan kedua negara yang akan membawa masyarakat Indonesia dan Kamboja semakin dekat," kata Puan Maharani saat menyampaikan sambutan dalam acara tersebut.

Joint Cultural Performance itu diisi dengan berbagai pertunjukan yang terdiri dari tarian dan nyanyian Indonesia dan Kamboja yang disajikan oleh Balet Kerajaan Kamboja.

Selain itu tarian tradisional Indonesia yang dibawakan oleh kelompok tari Kinarya Gencar Semarak Perkasa yang dibentuk oleh Guruh Soekarno Putra.

Selanjutnya, pertunjukan musik dari Pusat Kebudayaan Indonesia di Kamboja (Pusbudi Nusantara) dan Mini Chamber Orchestra yang disusun oleh pianis Indonesia di Kamboja, Metta Legita.

Acara pertunjukan budaya untuk memperingati 60 tahun hubungan diplomatik Indonesia-Kamboja itu juga dihadiri oleh para pejabat Istana Kerajaan Kamboja, pejabat kementerian Kamboja, anggota parlemen dan senat Kamboja.

Korps diplomatik dan organisasi internasional dan lembaga swadaya masyarakat, perwakilan warga negara Indonesia di Kamboja, Alumni Indonesia (siswa Kamboja yang telah belajar di Indonesia) serta warga Indonesia di Kamboja. 

"Ini merupakan joint cultural performance (pertunjukan budaya bersama) terbesar antarkedua negara. Indikasinya adalah Raja Kamboja Norodom Sihamoni berkenan hadir. Selain itu, ada enam menteri serta anggota parlemen dan senat Kamboja," ujar Duta Besar RI untuk Kamboja Sudirman Haseng.

Selain Pertunjukan Budaya Bersama, Peringatan 60 Tahun Hubungan Diplomatik Indonesia-Kamboja juga akan dirayakan dengan berbagai kegiatan lain, seperti olahraga, pertunjukan seni, seminar dan diskusi, pameran dagang, pemutaran film dan kegiatan terkait lainnya yang bertujuan untuk meningkatkan kerja sama bilateral antara Indonesia dan Kamboja.  

Pewarta: Yuni Arisandy Sinaga
Editor: Sri Muryono
Copyright © ANTARA 2019