Jakarta (ANTARA News)  - Turnamen pramusim Piala Presiden 2019 akan digelar 2 Maret 2019, ditandai dengan pertandingan pembuka Persib Bandung melawan Tira-Persikabo di Stadion si Jalak Harupat, Bandung.

Wakil Ketua Umum Persatuan Sepak Bola Seluruh Indonesia (PSSI) sekaligus Ketua Panitia Pelaksana (OC) Piala Presiden 2019 Iwan Budianto mengatakan, Piala Presiden 2019 akan dibuka oleh Presiden Republik Indonesia Joko Widodo.

Agar turnamen berjalan lancar, Iwan menyatakan bahwa pihaknya terus menggenjot persiapan teknis maupun nonteknis.

Ada 10 hal yang perlu diketahui tentang Piala Presiden 2019. Apa saja?

1. Penyelenggaraan keempat

Piala Presiden 2019 adalah penyelenggaraan keempat setelah sebelumnya berlangsung pada 2015, 2017, dan 2018. 

Dari empat edisi ini, hanya penyelenggaraan pertama yang dipegang oleh operator swasta yaitu Mahaka Sports and Entertainment. Setelahnya langsung ditangani oleh PSSI.

Persib Bandung keluar sebagai juara pada Piala Presiden pertama. Kemudian, tahun 2017, giliran Arema FC yang menjadi kampiun. Persija Jakarta berjaya pada Piala Presiden tahun 2018.


2. Babak grup diikuti 20 tim, lima tuan rumah

Piala Presiden 2019 diikuti oleh 20 tim, terdiri dari tim Liga 1 dan perwakilan Liga 2, yang dibagi dalam lima grup. Pertandingan pada fase grup ini berlangsung di satu stadion yang ditunjuk sebagai tuan rumah.

Meski demikian, salah satu tim yang sudah masuk daftar peserta masih mungkin diganti karena mereka belum memberikan konfirmasi keikutsertaannya.

Jika belum ada keputusan sampai Rabu (20/2), klub yang berasal dari Liga 1 Indonesia itu akan diganti. 

PSSI sendiri enggan memberitahukan secara resmi nama klub yang belum memastikan keterlibatannya tersebut.

Berikut pembagian grup Piala Presiden 2019.

Grup A - digelar di Stadion Si Jalak Harupat, Bandung: Persib Bandung (tuan rumah), Persebaya Surabaya, Perseru Serui dan Tira-Persikabo.

Grup B - digelar di Stadion Patriot Chandrabhaga, Bekasi: Bhayangkara FC (tuan rumah), Semen Padang, Bali United dan Mitra Kukar.

Grup C - digelar di Stadion Moch. Soebroto, Magelang: PSIS Semarang (tuan rumah), PSM Makassar, Persipura Jayapura dan Kalteng Putra.

Grup D - digelar di Stadion Maguwoharjo, Sleman: PSS Sleman (tuan rumah), Persija Jakarta, Madura United dan Borneo FC.

Grup E - digelar di Stadion Kanjuruhan, Malang: Arema FC (tuan rumah), Persela Lamongan, Persita Tangerang dan Barito Putera.


3. Format baru

PSSI menyatakan bahwa turnamen pramusim Piala Presiden 2019 menerapkan format baru khusus untuk laga final.

Tidak seperti edisi-edisi sebelumnya, Piala Presiden 2019 menerapkan format kandang-tandang untuk laga final. 

Wakil Ketua Umum PSSI Iwan Budianto menyebut, alasan utama diambilnya keputusan tersebut semata-mata untuk meningkatkan jumlah penonton.

"Final akan digelar dengan sistem kandang dan tandang, rencananya berlangsung pada 9 dan 12 April 2019," kata dia.


4. Alur menuju juara

Untuk menjadi juara Piala Presiden 2019, tim peserta pertama-tama harus melaju ke babak delapan besar.

Mereka yang lolos ke perempat final itu adalah juara grup bersama tiga peringkat kedua terbaik. Pada delapan besar ini, pertandingan berlangsung masih dengan format satu tuan rumah.

Setelah itu, tim tersebut harus melewati semifinal yang berlangsung kandang-tandang.

Terakhir, tim itu sah menjadi juara jika menuntaskan partai final, juga bersistem kandang-tandang, dengan kemenangan.


5. Hadiah 

Wakil Ketua Umum PSSI Iwan Budianto mengatakan, juara turnamen pramusim Piala Presiden 2019 akan meraih hadiah uang tunai sebesar RP3,3 miliar.

"Tim juara akan mendapatkan Rp3,3 miliar dipotong pajak. Persis seperti edisi tahun lalu," kata Iwan, yang juga ketua panita pelaksana (OC) Piala Presiden 2019.

Hadiah runner up turnamen juga sama dengan edisi tahun 2018 yaitu berhak meraup Rp2,2 miliar. Namun, penurunan hadiah terjadi untuk peringkat ketiga yang kini hanya mendapatkan Rp750 juta. Jumlah yang sama juga akan diperoleh tim peringkat keempat.

Beberapa kategori terbaik lain di Piala Presiden 2019 juga akan diberikan apresiasi. Pencetak gol terbanyak memperoleh Rp150 juta, pemain terbaik Rp250 juta, pemain muda terbaik Rp150 juta dan wasit terbaik Rp50 juta.


6. Match Fee dan subsidi

Setiap tim yang berlaga di Piala Presiden 2019 akan mendapatkan biaya pertandingan atau match fee yang besarnya tergantung hasil laga.

Pada turnamen ini, setiap tim mendapatkan Rp125 juta jika memenangkan pertandingan, Rp75 juta jika kalah dan Rp100 juta kalau laga berakhir imbang.

Selain itu, dengan konsep lima tuan rumah pada fase grup, setiap tim yang berstatus tandang akan memperoleh subsidi transportasi sebesar Rp100 juta.

Sementara untuk tuan rumah diberikan subsidi Rp800 juta yang nantinya digunakan untuk menjamu tiga klub lainnya di babak grup.


7. Pemain Asing

Sekretaris Jenderal PSSI Ratu Tisha Destria menyebut, regulasi pemain asing di Piala Presiden 2019 adalah tiga plus satu, sama seperti yang akan diterapkan di Liga 1 Indonesia tahun 2019.

Tiga plus satu artinya setiap tim berhak diperkuat tiga pemain yang berasal dari seluruh negara di dunia dan satu sisanya wajib dari Asia.

"Namun ini masih akan dirinci lagi dalam pertemuan manajer Piala Presiden yang rencananya diadakan pada Rabu, 27 Februari 2019," kata Ratu Tisha.


8. Perizinan

Terkait pemain asing, PSSI tidak ingin Piala Presiden diganggu permasalahan terkait perizinan tinggalnya di Indonesia.

PSSI pun menjalin koordinasi dan komunikasi dengan banyak pihak seperti Kementerian Ketenagakerjaan dan Direktorat Jenderal Imigrasi.

Sampai menjelang tanggal 2 Maret 2019, di mana Piala Presiden 2019 akan dimulai, kami bekerja keras untuk menuntaskan semua yang terkait perizinan baik dengan kepolisian, Badan Olahraga Profesional Indonesia (BOPI) dan lainnya agar seluruhnya berjalan sesuai dengan harapan," tutur Iwan Budianto.


9. Uji coba

Piala Presiden 2019 akan menjadi ajang bagi klub untuk menguji coba para pemain barunya, baik itu lokal maupun asing.

Selain itu, PSSI juga memanfaatkan Piala Presiden 2019 untuk menguji kerja Badan Independen Wasit Profesional yang bekerja sama dengan pihak Federasi Sepak Bola Jepang (JFA).

 

10. Siaran Langsung

Wakil Ketua OC Piala Presiden 2019 yang juga direktur stasiun televisi pemegang hak siar Piala Presiden 2019 Harsiwi Achmad mengatakan, pihaknya akan menayangkan secara langsung seluruh pertandingan atau 40 laga turnamen pramusim tersebut.

Selain melalui televisi, yang disebut tidak akan diacak jika ditonton melalui antena biasa, semua laga itu juga dapat disaksikan secara "streaming" melalui laman daring.
 

Pewarta: Michael Siahaan
Editor: Irwan Suhirwandi
Copyright © ANTARA 2019