Banda Aceh (ANTARA News) - Kabupaten Bener Meriah, Aceh menjadi kawasan program pengembangan transmigrasi dari Pemerintah Pusat sebagai upaya meningkatkan pembangunan di daerah tersebut. 

Pelaksana Tugas (Plt) Bupati Bener Meriah, Aceh, Tgk Sarkawi yang dihubungi di Banda Aceh, Kamis menyatakan  program pengembangan transmigrasi tersebut sepenuhnya akan dilaksanakan oleh Kementerian Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal  dan Transmigrasi melalui dirjen terkait.  

"Kita patut bersyukur karena Bener Meriah merupakan satu-satunya kabupaten atau kota di Aceh yang masuk dalam program ini," katanya.

 Program ini merupakan bagian untuk mempercepat pembangunan di sebuah daerah atau kawasan sehingga upaya meningkatkan kesejahteraan dan mendongkrak pertumbuhan ekonomi dapat terwujud,  ujarnya.

Ia mengemukakan program tersebut akan segera terwujud seiring telah ditandatanganinya MoU oleh Sekretaris Kementerian Kementerian Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal, dan Transmigrasi bersama sejumlah pihak yang ikut terlibat dalam program tersebut termasuk Pemerintah Kabupaten Bener Meriah yang dilakukan beberapa waktu lalu di Jakarta. 

Dalam kunjungan ke Jakarta tersebut, Sarkawi turut didampingi Kepala Dinas Transmigrasi dan Tenaga Kerja Bener Meriah, Ishak dan perwakilan Pemerintah Kabupaten Bener Meriah di Jakarta, Yusradi Usman al-Gayoni.

Ia menambahkan dalam kegiatan tersebut juga ditandatangani Perjanjian Kerja Sama antara Dirjen Pengembangan Kawasan Transmigrasi dengan Universitas Islam Makassar, Universitas Borneo Tarakan, PP LDNU, Bank BRI, Bank BJB, PT Berkah Manikam Nusantara, Kabupaten Mamasa Provinsi Sulawesi Barat,  dan Kabupaten Bener Meriah Provinsi Aceh.  

Dalam kegiatan tersebut juga diserahkan Izin Pelaksanaan Transmigrasi (IPT) kepada tujuh Mitra Badan Usaha oleh Menteri Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal, dan Transmigrasi.

Sekretaris Jenderal Kementerian Kementerian Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal, dan Transmigrasi Anwar Sanusi mengatakan program pembangunan yang dilaksanakan tersebut merupakan bagian untuk meningkatakan kesejahteraan masyarakat.


Baca juga: Kalimantan Tengah buka kawasan transmigrasi baru
Baca juga: Kemendes PDTT ubah pola transmigrasi

Pewarta: M Ifdhal
Editor: Dewanti Lestari
Copyright © ANTARA 2019