Hasil seleksi tingkat provinsi akan diumumkan pada 8 Maret di Kanwil Kemenag Provinsi
Jakarta  (ANTARA News) - Seleksi petugas Panitia Penyelenggara Ibadah Haji (PPIH) Arab Saudi 1440 Hijriyah/ 2019 Masehi digelar 25 Februari.
   
Direktur Bina Haji Ditjen Penyelenggaran Haji dan Umrah (PHU) Khoirizi di Jakarta, Rabu, mengatakan seleksi terbagi menjadi dua yaitu di tingkat Kantor Wilayah Kemenag Provinsi dan Eselon I Pusat. 
   
Khoirizi mengatakan pemilihan di Kanwil dilakukan berjenjang dari tingkat Kemenag Kabupaten/ Kota meliputi seleksi administrasi dan kompetensi (tes tertulis). Seleksi di tingkat ini diikuti guru madrasah, penyuluh, penghulu KUA dan tenaga profesional lainnya.
   
Selanjutnya, kata dia, akan diambil peserta terbaik sebanyak dua kali lipat dari kuota yang ditetapkan untuk mengikuti seleksi tingkat provinsi. Hasil seleksi tersebut rencananya akan diumumkan pada 28 Februari di Kantor Kemenag setempat.
   
Untuk seleksi di tingkat provinsi, lanjut dia, dilakukan di Kanwil Provinsi pada 5 Maret. Pada tahapan tersebut peserta akan menjalani tes kompetensi berbasis CAT, wawancara dan/ atau praktek. 
   
"Hasil seleksi tingkat provinsi akan diumumkan pada 8 Maret di Kanwil Kemenag Provinsi," katanya.
   
Kemudian, kata Khoirizi, Kakanwil akan melaporkan hasil seleksi tersebut ke Direktorat Jenderal Peyelenggaraan Haji dan Umrah untuk ditetapkan sebagai PPIH Arab Saudi 1440 Hijriyah /2019 Masehi.
   
"Untuk seleksi di tingkat Eselon I, akan digelar pada 4 April di Asrama Haji Pondok Gede," katanya. 

Baca juga: Dirjen Haji: petugas yang sudah berhaji, tidak berhaji lagi
Baca juga: Ditjen PHU buka SMS Gate pelayanan jemaah haji

 

Pewarta: Anom Prihantoro
Editor: Zita Meirina
Copyright © ANTARA 2019