Jakarta (Antara/JACX) - Calon Wakil Presiden nomor urut 01 KH Ma'ruf Amin mengatakan pemerintah telah melakukan langkah besar di bidang asuransi sosial melalui BPJS Kesehatan, yang dapat dilihat dari jumlah Penerima Bantuan Iuran (PBI) yang terus meningkat.
 
"Pemerintah melalui JKN-KIS telah melakukan langkah besar yang inovatif. Kita sudah lakukan upaya asuransi sosial yang besar. Ini merupakan asuransi terbesar di dunia. Di samping itu, 96,8 juta peserta memperoleh PBI dari pemerintah," ujar Ma'ruf dalam Debat Cawapres putaran ketiga di Jakarta, Minggu malam.

Data yang dikeluarkan oleh BPJS Kesehatan melalui laman bpjs-kesehatan.go.id mencatat jumlah peserta per tanggal 1 Maret 2019 mencapai 218.132.478 orang.

Dari jumlah tersebut, Penerima Bantuan Iuran (PBI) melalui APBN tercatat sebanyak 96.097.366 orang. 

Data yang dikeluarkan oleh BPJS Kesehatan juga menunjukkan PBI melalui APBD sebanyak 35.313.599 orang.

Selain itu, peserta BPJS Kesehatan yang merupakan Pekerja Penerima Upah- Pegawai Negeri (PPU-PN) sebanyak 17.230.127 orang, Pekerja Penerima Upah- Badan Usaha (PPU-BU) 32.915.385 orang.

Kemudian peserta yang merupakan Pekerja Bukan Penerima Upah (PBPU) sebanyak 31.424.849 orang dan peserta yang Bukan Pekerja sebanyak 5.151.152 orang.

Dalam debat putaran ketiga tersebut, Ma'ruf juga menyatakan bahwa sebenarnya pemerintah sudah melakukan langkah besar di bidang pelayanan dengan harga yang murah dan memaksimalkan manfaat.

Selain itu juga dengan menambah peningkatan pelayanan memberikan pusat kesehatan yang dapat dijangkau oleh masyarakat dengan layanan yang lebih baik serta redistribusi tenaga medis dan penyediaan obat yang cukup.
 
"Kita terus meningkatkan pelayanan ke depan," demikian janji Ma'ruf.

Referensi:
Cek fakta: Peserta JKN meningkat 83 juta jiwa sejak 2014

Cek fakta: Tiap tahun iuran pendapatan BPJS Kesehatan meningkat

Cek fakta: RSUD tetap layani pasien meski BPJS Kesehatan nunggak Rp7 miliar

Cek fakta: Kabar Layanan BPJS Kesehatan Tak Lagi Gratis, Ini Penjelasannya

Cek fakta: Wapres minta BPJS Kesehatan terapkan desentralisasi beban pembiayaan ke pemda

Cek fakta: 216.152.549 warga Indonesia jadi peserta JKN-KIS

 

Pewarta: Tim JACX
Editor: Panca Hari Prabowo
Copyright © ANTARA 2019