Desa Sidourip ini merupakan juara I LBS tingkat Sumut Tahun 2019
Deliserdang (ANTARA) - Desa Sidourip, Kecamatan Beringin, Kabupaten Deliserdang, Sumatera Utara, masuk nominasi terbaik tingkat nasional kategori pelaksanaan lingkungan bersih dan sehat.

Ketua Tim Verifikasi PKK Pusat Endang Budi Martini di Deliserdang, Selasa, mengatakan, pihaknya sengaja datang mengecek langsung apakah data yang dilaporkan ke pusat tersebut, sama dengan data kondisi di lapangan.

Hal itu dilakukan menyusul masuknya Desa Sidourip sebagai salah satu nominasi desa terbaik nasional kategori Pelaksanaan Lingkungan Bersih dan Sehat (LBS).

Selain mengecek langsung, tim penilai juga memperbanyak dialog dengan warga setempat dalam upaya mengedukasi masyarakat terkait pentingnya menjaga kebersihan lingkungan.

"Kami juga secara khusus memberikan apresiasi kepada Tim Penggerak PKK Deliserdang yang didukung sepenuhnya oleh pemerintah daerah dalam melaksanakan berbagai program gerakan PKK," katanya.

Ia mengatakan Desa Sidourip yang mewakili Sumatera Utara pada lomba LBS setelah melewati beberapa verifikasi sudah masuk nominasi enam besar nasional.

"Artinya peringkat ke-enam sudah di tangan. Penyerahan hadiah nanti akan dilakukan Juli 2019 di Kota Banjar Baru Kalimantan Selatan," katanya.

Sementara Ketua PKK Deliserdang Yunita Ashari Tambunan mengatakan, masyarakat dan PKK Desa Sidourip banyak melakukan berbagai kegiatan sesuai dengan kemampuan yang dimiliki dengan dukungan dari kepala desa selaku ketua pembina tim PKK desa.

Namun tentunya masih terdapat kekurangan-kekurangan sehingga memerlukan pembinaan dan bimbingan dari tim verifikasi lapangan agar Desa Sidourip benar-benar dapat menjadi contoh  desa-desa yang lain di Indonesia.

"Desa Sidourip ini merupakan juara I LBS tingkat Sumut Tahun 2019. Masyarakat di desa ini memiliki semangat untuk memberdayakan keluarga melalui pelaksanaan 10 program pokok PKK, secara khusus dalam melaksanakan lingkungan bersih dan sehat," katanya. 

 

Pewarta: Juraidi
Editor: Dewanti Lestari
Copyright © ANTARA 2019